Sukses

Mau Produktivitas Maksimal? Sontek Kebiasaan Penulis Terkenal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda ingin memaksimalkan produktivitas?

Ternyata salah satunya bisa dengan menerapkan beberapa rutinitas pagi. Rutinitas pagi yang baik dipercaya akan membantu Anda memaksimalkan produktivitas, terutama di tempat kerja.

Salah satu rutinitas pagi yang dapat Anda tiru adalah rutinitas pagi ala Tim Ferriss. Tim Ferriss merupakan salah satu penulis best seller asal Amerika Serikat (AS).

Buku yang telah dirilisnya di antaranya The 4-Hour Workweek, The 4-Hour Body, The 4-Hour Chef, Tools of Titans, dan Tribe of Mentors.

Beberapa bukunya tersebut muncul di New York Times, Wall Street Journal, hingga daftar terlaris USA Today.

Selain dikenal sebagai penulis buku best seller, Ferriss juga dikenal sebagai jurnalis, pengusaha, public speaker, serta investor dan penasihat dari perusahaan Facebook, Twitter, StumbleUpon, Evernote, Uber, dan beberapa perusahaan lain.

Sebelum menerapkan rutinitas pagi yang menjadi kebiasaannya itu, sekitar 10 tahun terakhir, Tim Ferriss mewawancarai ratusan profesional di puncak bidang mereka, kemudian dia mempraktikkannya dan menyampaikan mana bagian favoritnya kepada para pembaca.

Ferriss percaya rutinitas pagi harus diterapkan secara ketat untuk menghindari pemborosan dalam berpikir.

Kira-kira apa saja ya rutinitas pagi ala Tim Ferriss yang mampu meningkatkan produktivitas? Melansir laman businessinsider.sg, Senin (18/12/2017), berikut uraiannya:

1. Merapikan Tempat Tidur

cdn.homedit.com

Ferriss menulis bahwa pada 2011 dia berada pada titik yang sulit dalam hidupnya. Hingga akhirnya, dia bertemu dengan seorang pendeta dan pembicara Hindu bernama Dandapani yang mengatakan kepadanya bahwa cara untuk membawa landasan ke dalam hidupnya adalah memulai hidupnya dengan merapikan tempat tidurnya.

Saran yang sama juga disampaikan oleh Naval Admiral William McRaven dalam pidato pembukaan pada 2014 di University of Texas di Austin. Seperti kata McRaven, "Jika Anda merapikan tempat tidur setiap pagi, Anda akan menyelesaikan tugas pertama hari itu. Ini akan memberi Anda sedikit rasa bangga, dan ini akan mendorong Anda untuk melakukan tugas lainnya."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 4 halaman

2. Meditasi Selama 20 Menit

Ferriss mengatakan bahwa sebagian besar orang yang dia wawancarai memiliki beberapa bentuk praktik perhatian sehari-hari.

Dia bermeditasi setiap pagi selama 20 menit, dilanjutkan dengan periode dekompresi dua menit, dengan menggunakan salah satu gaya yang dia pelajari, yaitu Meditasi Transendental (TM), Meditasi Vipassana, atau meditasi terpandu lainnya.

"Meditasi ini mengurangi reaktivitas emosional, sehingga Anda dapat secara proaktif menciptakan hari dan menciptakan hidup Anda," kata Ferriss.

3. Minum Teh dengan Kandungan yang Kuat

businessinsider.sg

Ferriss mengembangkan sebuah teh yang kemudian dia beri nama "Teh Titanium" karena membangunkan kemampuannya dan meningkatkan metabolismenya.

Komposisi tehnya sendiri terdiri atas teh hitam tua, teh hijau, dan serutan kunyit dan jahe (sebanyak satu sendok teh). Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan komposisi tersebut dengan air panas dan membiarkannya selama satu hingga dua menit.

Kemudian, di cangkirnya, ditambahkan satu atau dua sendok makan minyak kelapa atau Bubuk Minyak MCT Quest untuk dosis trigliserida rantai menengah, yang diyakini dapat membakar lemak.

2 dari 4 halaman

4. Menulis Junal Selama 5-10 Menit

Setelah meminum teh, Ferriss kemudian meluangkan waktu untuk memusatkan pikiran dari kepalanya dan menorehnya pada sebuah kertas, termasuk hal-hal yang disyukuri dan hal-hal yang dikhawatirkannya.

Secara bergantian, dia latihan 5-Minute Journal dan Morning Pages."Jurnal lima menit itu memungkinkan saya untuk tidak hanya mendapatkan lebih banyak hal yang dilakukan di siang hari tapi juga merasa lebih baik sepanjang hari, untuk menjadi orang yang lebih bahagia, menjadi orang yang lebih puas--yang bukanlah sesuatu yang alami bagi saya. "

5. Sedikit Sarapan

businessinsider.sg

Ferriss tetap meluangkan waktu paginya untuk sarapan, meski hanya sedikit. Dia biasanya sarapan setengah kaleng Amy’s black bean chili, yang merupakan menu makanan rendah lemak, kaya serat, dan protein.

3 dari 4 halaman

6. Berlatih Selama 20-90 Menit

businessinsider.sg

Ferriss baru saja mengubah jadwal latihan paginya. "Latihan itu bisa mengendarai sepeda Peloton dan melakukan latihan HIIT 20 menit, atau bisa juga acroyoga, atau bisa juga latihan beban atau mengerjakan pembalap Concept 2," katanya.

Artikel Selanjutnya
Catat! Orang Kaya Tak Pernah Lakukan 6 Kebiasaan Buruk Ini
Artikel Selanjutnya
Trik Bikin Pekerjaan Jadi Menyenangkan ala Miliarder Richard Branson