Sukses

Menteri Jonan Usul Motor Listrik Bebas Pajak dan Bea Balik Nama

Jika kendaraan listrik dibebaskan pajak dan biaya balik nama, maka dapat menurunkan harga sekitar Rp 2 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengusulkan agar kendaraan listrik,‎ baik motor maupun mobil, bebas pajak dan balik nama. Hal ini guna mendorong agar harga motor dan mobil listrik bisa bersaing dengan motor dan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Jonan menjelaskan, guna mendorong penggunaan kendaraan listrik perlu adanya insetif. Dia pun mengusulkan agar insentif yang dijalankan adalah bebas pajak dan biaya balik nama bagi motor dan mobil listrik. Usul tersebut diharapkan masuk dalam Peraturan Presiden tentang Pengembangan Kendaraan Listrik.

Jika kendaraan listrik dibebaskan pajak dan biaya balik nama, maka dapat menurunkan harga sekitar Rp 2 juta. Dengan begitu, harga kendaraan listrik dapat bersaing dengan harga kendaraan yang menggunakan BBM.

Selain itu, dapat pula menciptakan daya tarik masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. Jonan pun berharap Menteri Keuangan Sri Mulyani mengabulkan usulan tersebut.

"Memang kalau mau itu saya kira Menteri Keuangan setujui ini. Kalau ini bebas hilang (pajak) bisa turun Rp 2 juta. Jadi tanya Menteri Keaungan mendukung tidak,"‎ kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Saat ini rumusan Peraturan Presiden tersebut sudah diproses di Sekretaris Kabinet. Payung hukum tersebut dibuat untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik.

"Perpres sudah kami kirim ke Sekretaris Kabinet, kita masih menunggu untuk pembahasan. Ini dukungan pemerintah meningkatkan penggunaan kendaraan listrik," ujar Jonan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ignasius Jonan saat ini menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia
    Ignasius Jonan pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia

    Ignasius Jonan

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak