Sukses

Citilink Buka Rute Bandara Halim-Silangit

Citilink Indonesia membuka penerbangan langsung Halim Perdanakusuma-Silangit.

Liputan6.com, Jakarta Citilink Indonesia membuka penerbangan langsung Halim Perdanakusuma-Silangit. Rute penerbangan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Arief mengatakan, dibukanya penerbangan langsung ini diharapkan berdampak pada sektor pariwisata di Sumatera Utara, khususnya Danau Toba.

“Penerbangan perdana ke Silangit ini merupakan bukti nyata dukungan dan komitmen Citilink Indonesia membantu pengembangan pariwisata nasional. Dibukanya Bandara Silangit sebagai gerbang masuk wisatawan internasional diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan, perdagangan dan investasi di Kawasan Danau Toba,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Arief menyatakan, Bandara Silangit telah menunjukkan pengembangan infrastruktur yang baik, sehingga mendorong pertumbuhan yang progresif (supply creates demand) dan mempercepat internasionalisasi kawasan Danau Toba.

“Dengan diresmikannya Bandara Silangit sebagai bandara Internasional akan mempercepat proses pencapaian target pemerintah dan menjadikan Sumatera Utara sebagai salah satu pelaku utama untuk memenuhi target tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menyatakan,‎ pihaknya berharap rute baru Halim Perdanakusuma-Silangit ini juga dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Tapanuli Utara. Dengan demikian, dapat turut berpartisipasi dalam mewujudkan Danau Toba sebagai salah satu lokasi wisata utama Indonesia selain Bali.

“Pembukaan rute penerbangan langsung ke Silangit ini merupakan momentum yang tepat dengan tiga pertimbangan yang mendasar ,yaitu pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang cukup tinggi sebesar 5,09 persen (BPS), mempercepat konektivitas nusantara serta sebagai bentuk dukungan maskapai terhadap program pemerintah,” ungkap ‎Juliandra.

Penerbangan langsung rute baru Jakarta melalui bandara Halim Perdanakusuma-Silangit menggunakan pesawat Airbus A320 Neo dengan nomor lambung PK-GTF. Pesawat ini berkapasitas 180 penumpang yang baru saja tiba dari Toulouse, Perancis.

Rute penerbangan Jakarta-Silangit merupakan rute keenam yang dibuka pada tahun ini setelah sebelumnya membuka rute ke Jayapura, Dili, Kendari, Gorontalo, dan Ambon.

Dalam waktu dekat, Citilink Indonesia juga akan membuka penerbangan yang menghubungkan tiga pulau besar di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, dan Kalimantan dengan rute Semarang-Palembang dan Semarang-Banjarmasin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini