Sukses

Terbesar ke-2 di Dunia, Berlian Ini Laku Terjual Rp 709 Miliar

Berlian ini pertama kali ditemukan di tambang Karowe di Botswana dua tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Berlian terbesar kedua di dunia sukses terjual dalam lelang privat yang dilakukan oleh perusahaan produsen batu mulia asal Kanada, Lucara Diamond. Berlian yang memiliki berat 1.109 karat tersebut sukses terjual dengan harga US$ 53 juta atau setara Rp 709 miliar.

Dilaporkan CNNMoney, Rabu (27/9/2017), sebelum dijual ke pasar, berlian ini pertama kali ditemukan di tambang Karowe di Botswana, dua tahun lalu. Berlian tersebut kemudian diberi nama Lesedi La Rona yang memiliki arti "cahaya kami" dalam bahasa Botswana.

Saat berlian ini ditemukan, saham Lucara Diamond langsung melonjak diikuti dengan banyaknya tawaran kolektor untuk memiliki batu mulia tersebut.

Pada 2016, Lesedi La Rona pernah dilelang oleh rumah lelang asal Inggris Sotheby's. Sayang, saat itu berlian ini tidak laku dijual dengan harga mencapai US$ 70 juta.

Pembeli berlian jumbo tersebut adalah perusahaan perhiasan Graff Diamonds. Pemilik Graff Diamonds Laurence Graff mengatakan, berlian ini bisa menjadi pencapaian tersendiri dalam hidupnya.

"Menjadi pemilik baru berlian itu merupakan pencapaian besar dalam karier saya," kata Graff.

Selain Lesedi La Rona, berlian berukuran jumbo lain yang pernah ditemukan adalah Cullinan Diamond. Berlian yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905 tersebut memiliki berat 3.106 karat.

Setelah ditemukan, Cullinan Diamond kemudian dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. Salah satu potongan batunya digunakan sebagai penghias mahkota kerajaan Inggris.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.