Sukses

Arcandra: Libur Lebaran di AS Cuma Sehari, di RI Sampai Seminggu

setelah lulus dari ITB, Arcandra Tahar langsung ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) di Texas.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkap perbedaan perayaan Lebaran di Indonesia dengan ketika dirinya masih tinggal di Amerika Serikat (AS).

Arcandra telah bermukim di AS selama 20 tahun atau sejak 1996 hingga dirinya diminta oleh Presiden Joko Widodo  (Jokowi) untuk menduduki posisi Menteri ESDM pada tahun lalu. 

Tahun ini adalah tahun pertama dalam 20 tahun terakhir ia merasakan semaraknya masyarakat Indonesia yang melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman. "Saya baru kenal mudik ramai-ramai itu ya baru hari ini," kata Arcandra, seperti yang dikutip Jumat (23/6/2017).

Arcandra pun membayangkan perayaan Lebaran saat ini jauh lebih meriah, karena bisa bertemu dengan ‎keluarga. Dia pun berencana merayakan lebaran di kampung halamannya Sumatera Barat. "Kalau Lebaran di sini banyak keluarga, Insya Allah lebih meriah," ‎ucap Arcandra.

Dia membandingkan perayaan lebaran ketika masih di AS. Karena jauh dari saudara, maka banyak teman yang menjadi saudara di negeri Paman Sam tersebut.

"Di luar juga bukannya tidak meriah, tapi bukan saudara yang banyak, teman yang banyak jadi saudara. Itu saja bedanya," ungkap Arcandra.

Selain itu, perayaan Lebaran di AS hanya satu hari, setelah itu bekerja kembali, sehingga hanya sedikit merasakan libur. Sedangkan di Indonesia, waktu libur untuk merayakan lebaran jauh lebih banyak.

"Kalau di luar sana, Lebaran satu hari saja besoknya langsung kerja. Ada juga yang habis salat Id (Idul Fitri), ketemu 1 jam, habis itu langsung kerja. Di sini libur bisa seminggu," papar Arcandra‎.

Untuk diketahui, setelah lulus dari ITB pada 1994,  Arcandra langsung ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) di Texas pada 1996, kemudian menamatkan pendidikan jenjang S3 pada 2001.

Setelah itu, dia melanjutkan karier di Amerika Serikat sampai 2016. Setelah 20 tahun hidup di negeri Paman Sam ter‎sebut, Arcandra pulang ke Indonesia karena diangkat sebagai Menteri ESDM pada Juli 2016.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.