Sukses

6 Kereta Ekonomi Premium Tambahan Mulai Beroperasi 15 Juni

Kereta baru buatan PT Inka (Persero) memiliki kapasitas 8.448 kursi yang dapat menjadi tambahan bagi penumpang yang mudik.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan enam rangkaian kereta ekonomi premium (K3) yang dipesan PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan beroperasi pada Kamis (15/6) ini. Kereta baru buatan PT Inka (Persero) memiliki kapasitas 8.448 kursi yang dapat menjadi tambahan bagi penumpang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Prasetyo Boeditjahjono memperkirakan, jumlah penumpang kereta api selama masa angkutan Lebaran H-10 sampai H+15 atau 27 hari bertumbuh 4 persen menjadi 6,7 juta penumpang.

"Untuk mengakomodir pertumbuhan jumlah penumpang ini, ada tambahan enam rangkaian kereta K3. Sudah dipesan KAI, masing-masing delapan gerbong," ucapnya saat FGD Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2017 di kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (11/6/2017).

Targetnya, diakui Prasetyo, enam rangkaian kereta ekonomi premium ini beroperasi pada 15 Juni pekan depan. Ia melanjutkan, dari enam rangkaian, lima rangkaian kereta sudah melalui uji coba. Akan tetapi, dua rangkaian terpaksa dipulangkan lagi ke PT Inka untuk dilakukan perbaikan.

"Ini kereta baru buatan Inka, lumayan bentuknya, saya sudah lihat di Stasiun Kota. Sudah diuji coba untuk Parahyangan. Sebanyak lima rangkaian sudah jadi, tapi dua rangkaian dikembalikan karena ada yang harus dibenerin lagi. Tapi ini sudah kembali lagi ke KAI. Total enam rangkaian harus sudah beroperasi 15 Juni ini," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, penjualan tiket kereta Lebaran sudah bisa dibeli H-90. Banyak channel yang disiapkan perusahaan supaya calon penumpang dapat membeli tiket resmi, mulai dari daring (online) lewat situs KAI, toko online seperti Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, dan sebagainya, sampai Kantor Pos, Alfamart, dan Indomart.

"Begitu dibuka penjualan tiket mulai pukul 00.00, 2 juta orang mengakses ingin dapat tiket. Tapi saya pastikan tiket H-7 sampai H-10 masih ada, sedangkan yang habis itu H-1 sampai H-5, bahkan H-6 saja tiketnya nyaris habis," tukas Edi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.