Sukses

Pesan Menteri Jonan kepada Pejabat Baru SKK Migas dan BPH Migas

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat baru Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) harus bisa mencari formula yang efektif untuk penurunan biaya transmisi dan distribusi gas. Sedangkan para pejabat baru di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) harus mampu membuat bisnis hulu migas lebih efisien.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ‎Ignasius Jonan saat melantik 9 pejabat BPH Migas dan 4 pejabat SKK Migas, di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (26/5/2017).

Jonan mengatakan, ‎tugas pejabat baru BPH Migas adalah membuat biaya transmisi dan distribusi gas lebih rasional. Hal tersebut untuk mendorong harga gas di konsumen bisa lebih murah. Setelah melantik, Jonan pun meminta para pejabat tersebut untuk langsung duduk bersama merumuskan formula yang tepat.

"Nanti duduk bareng dengan Direktorat Jenderal Migas. Saya orang yang diperintah Presiden membuat efisiensi yang besar di sektor ini. Nanti kita duduk sama-sama, kita coba atur lagi," tutur Jonan.

Jonan melanjutkan, tugas berikutnya adalah mengawal pelaksanaan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di seluruh wilayah Indonesia, program tersebut untuk menciptakan keadilan.

Jonan mengungkapkan, tugas untuk pejabat baru SKK Migas adalah membuat bisnis pencarian migas menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga nilai biaya penggantian negara ke kontraktor atas kegiatan pencarian migas (cost recovery) menjadi lebih rendah dan produksi migas menjadi meningkat. Selain itu juga mempercepat perizinan.

‎"Presiden dan saya dua manusia yang tidak mengerti kalau cost recovery naik produksi turun. Saya ndak ngerti. Kalau cost recovery naik, produksi harus naik," ucap dia.

14 pejabat yang dilantik oleh Menteri Jonan adalah:

Ketua BPH Migas Fanshurullah AS
Direktur Bahan Bakar Minyak pada BPH Migas Henry Ahmad
Anggota Komite BPH Migas Ahmad Rizal
Anggota Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan
Anggota Komite BPH Migas Hari Pratoyo
Anggota Komite BPH Migas Muhammad Ibdu Fajar
Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajohjo
Anggota Komite BPH Migas Saryono Hadiwidjojo
Anggota Komite BPH Migas Marwansyah Lobo Balia
Wakil Kepala SKK Migas Sukandar
Sekretaris SKK Migas Arief Setiawan Handoko
Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffe Arizon Suardin
Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman
Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M. Atok Urrahman.