Sukses

Salip Taipan Properti, Bos Alibaba Kini Orang Terkaya China

Kekayaan Jack Ma mampu melonjak ke angka US$ 30,9 miliar.

Liputan6.com, Beijing - Bos Alibaba Jack Ma sukses menempatkan diri sebagai orang terkaya di China. Hal ini mampu ditorehkannya setelah menyalip harta kekayaan Taipan properti asal China Wang Jianlin.

Dilansir dari Forbes, Senin (15/5/2017), kekayaan Jack Ma mampu melonjak ke angka US$ 30,9 miliar pada Jumat pekan lalu. Angka ini lebih besar dibanding kekayaan Wang Jianlin yang bertengger di angka US$ 30,7 miliar.

Sepanjang 2017, kekayaan Jack Ma telah meningkat tajam. Di tengah meningkatnya kinerja perusahaan, harga saham perusahaan yang dipimpinnya pun meningkat sepertiga dari awal.

Sebagai informasi, perebutan peringkat pertama orang terkaya China dalam beberapa tahun terakhir dilakukan Jack Ma atau Wang Jianlin. Namun, diprediksi akan ada nama lain yang bisa menduduki orang terkaya di China, seperti Chairman dan CEO Tencent Holdings Ma Huateng.

Jack Ma mendirikan Alibaba pada 1999 bersama 17 teman di apartemennya. Tim tersebut bekerja membuat marketplace online mereka sendiri dan memberi nama situs itu, Alibaba.com. Alibaba memajang daftar produk yang bisa dibeli dan berhasil mendapatkan konsumen dari berbagai negara.

Pada Oktober tahun yang sama, Alibaba mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 5 juta dari Goldman Sach dan US$ 20 juta dari Softbank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang yang juga berinvestasi di berbagai perusahaan teknologi.

Ma melepas jabatan CEO pada 2013, dan kini memegang peranan sebagai Chairman Alibaba.

Tak berhenti dengan kesuksesan Alibaba.com, sepak terjang Alibaba Group kian meluas, dengan memiliki sejumlah anak usaha, termasuk Alibaba.com, Guangzhou Evergrande Taobao F.C, Taobao, UCWeb, Alipay, dan AliExpress.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya