Sukses

Ada Pilkada Putaran Kedua, Mal di Jakarta Buka Lebih Siang

mal di ibu kota tetap buka seperti biasa pada Pilkada DKI putaran kedua

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta memastikan mal di ibu kota tetap buka seperti biasa pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Namun sejumlah mal diperkirakan akan buka pada pukul 11.00 atau 12.00 lantaran adanya pemilihan kepala daerah (Pilkada) putaran kedua.

Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, sebenarnya banyak karyawan yang bekerja di pusat belanja atau mal yang tidak memiliki hak pilih pada Pilkada karena bukan KTP DKI Jakarta. Namun untuk menghormati jalannya pesta demokrasi, maka sejumlah pengelola mal memutuskan untuk memundurkan waktu operasional mal dari biasanya.

"Sebagian besar mal buka seperti biasa karena banyak karyawan bukan KTP DKI. Tetapi sebagian ada yang buka mulai jam 11 atau 12 siang. Mirip dengan saat Pilkada putaran pertama" ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Dari sisi pengamanan, Ellen menyatakan pusat belanja dan mal di ibu kota meningkatkan jumlah petugas keamanan yang berjaga sebagai langkah antisipasi. Selain itu, pengelola mal juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

"Kalau keamanan kita serahkan ke pemerintah. Namun semua shopping mal juga menebalkan keamanan di mal," kata dia.

Sementara terkait jumlah kunjungan ke mal pada hari ini, Ellen memprediksi akan terjadi peningkatan 30 persen dibandingkan normal. Hal tersebut mengingat hari ini menjadi hari libur nasional sehingga akan dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, salah satunya dengan mengunjungi mal.

"Kalau dari pengamatan Pilkada putaran pertama, ada kenaikan sekitar 30 persen terhadap traffic. Dan kini sebagian mal juga memasang TV agar yang ke mal juga bisa lihat progres quick count," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.