Sukses

8 KRL Bekasi-Jakarta Kota Pindah Lewat Pasar Senen, Ini Jadwalnya

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengubah delapan perjalanan KRL Jabodetabek rute Bekasi-Jakarta Kota (Pulang Pergi/PP) melalui Pasar Senen mulai Sabtu (1/4/2017). Itu berarti, delapan perjalanan KRL ini tidak lagi lewat jalur Stasiun Jatinegara, Manggarai, Gondangdia, sampai Jakarta Kota.

Direktur Utama PT KCJ, M.N. Fadhila mengungkapkan, masih banyak KRL dari Bekasi-Jakarta Kota yang melewati jalur Stasiun Jatinegara, Manggarai, Gondangdia, sampai Jakarta Kota. Akan tetapi hanya mengubah sebagian kecil perjalanan KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota.

"Jadi kami pindah delapan perjalanan KRL dari Bekasi-Jakarta Kota melewati Stasiun Jatinegara, Pondok Jati, Pasar Senen, Kampung Bandan hingga Jakarta Kota mulai Sabtu ini," kata Fadhila saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Perpindahan delapan perjalanan KRL rute Bekasi-Jakarta Kota ini untuk memberikan alternatif ke penumpang supaya bisa memilih tujuan Jakarta Kota melalui Pasar Senen. Alasan lain, untuk mengurai kepadatan kapasitas lalu lintas antara Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota.

"Kepadatan di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota akan berkurang dengan perpindahan delapan perjalanan KRL Bekasi-Jakarta Kota ini. Tapi masih banyak KRL yang lewat Cikini, Manggarai, Gondangdia, Juanda," Fadhila menjelaskan.

Berikut jadwal KRL tujuan Bekasi-Jakarta Kota PP yang melalui Pasar Senen:

1. Bekasi-Jakarta Kota, berangkat 05.38 WIB

2. Bekasi-Jakarta Kota, berangkat 08.21 WIB

3. Bekasi-Jakarta Kota, berangkat 12.48 WIB

4. Bekasi-Jakarta Kota, berangkat 15.14 WIB

5. Jakarta Kota-Bekasi, berangkat 07.05 WIB

6. Jakarta Kota-Bekasi, berangkat 10.06 WIB

7. Jakarta Kota-Bekasi, berangkat 13.57 WIB

8. Jakarta Kota-Bekasi, berangkat 16.46 WIB.

Fadhila mengatakan, pengguna KRL lintas Bekasi akan dilayani oleh 154 perjalanan KRL mulai 1 April 2017. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan jadwal yang ada saat ini. Namun hanya delapan dari 154 perjalanan tersebut yang akan melalui jalur Pasar Senen.
Jumlah rangkaian kereta yang melayani lintas Bekasi tetap 13 rangkaian terdiri dari kereta dengan formasi 12 kereta, 10 kereta, maupun delapan kereta.

Saat ini, dari keseluruhan total 886 perjalanan KRL, 71 persen di antaranya melewati Stasiun Manggarai, terdiri dari KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota PP, Bogor atau Depok-Jakarta Kota PP, Bogor/Depok/Nambo Duri/Jatinegara PP, dan KRL feeder Manggarai Duri PP. Selain itu, sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun kereta barang juga melintas di Stasiun Manggarai.

Sebagai solusi jangka panjang antrean kereta memasuki Stasiun Manggarai, saat ini pemerintah sedang membangun jalur ganda baru atau double double track (DDT) lintas Manggarai Bekasi. Jalur ganda baru nantinya akan memisahkan jalur KRL dengan kereta api jarak jauh.

Selain pembangunan jalur ganda baru, pemerintah dalam hal ini Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga akan melakukan pembangunan Stasiun Manggarai dan beberapa stasiun lainnya di jalur Bekasi sampai dengan Manggarai. (Fik/Gdn)

Video Populer Bisnis

Tutup Video