Sukses

Pertamina Incar Kelola 2 Blok Migas di Iran

Pertamina sudah mengajukan proposal ke pemerintah Iran untuk kelola dua blok migas di sana.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berharap pemerintah Iran memutuskan penugasan pengelolaan dua blok minyak dan gas (migas) di Iran pada 2017. Hal itu agar Pertamina bisa segera beroperasi di‎ wilayah tersebut.

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam, mengatakan, Pertamina sudah mengajukan proposal ke pemerintah Iran untuk mengelola dua blok migas di‎ sana. Saat ini pihaknya menunggu keputusan atas proposal yang diajukan.

"Iran kami sudah submit kemarin, saya sudah kirim surat. Kami tidak bisa maksa. Kami tunggu," kata Syamsu, di kantor pusat Pertamina, Jakarta (13/3/2017).

Alam menuturkan, pihaknya berharap, pemerintah Iran segera memutuskan penugasan pengelolaan dua blok migas ke Pertamina pada 2017.

‎"Untuk tahap berikutnya ini, kemarin secara eksplisit kita harapkan tahun ini selesai. Pemeri‎ntah Iran bisa memutuskan siapa," ucap Alam.

Alam menuturkan, ‎pejabat perusahaan migas Iran‎ atau National Iranian Oil Company (‎NIOC) dalam waktu dekat akan ‎bertandang ke Indonesia. Ini untuk membicarakan pengolahan dua  blok migas di Iran ke Pertamina.

"Deputi CEO-nya ingin datang ke Indonesia, untuk membicarakan masalah komersial," tutur Alam.

Sebelumnya, Pertamina telah mengajukan usulan pengembangan dua lapangan migas di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri ‎dengan menyerahkan proposal. Cadangan minyak kedua lapangan tersebut masing-masing diperkirakan lebih dari 1,5 miliar barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.