Sukses

11 Miliarder India Terlempar dari Daftar Orang Terkaya Dunia

Berdasarkan laporan Hurun, jumlah miliarder India mencapai 100 orang, dan menduduki peringkat keempat untuk jumlah miliarder terbanyak.

Liputan6.com, Jakarta - Mukesh Ambani, Chairman of Reliance Industries Ltd menjadi orang paling kaya di India. Total kekayaan Ambani mencapai US$ 26 miliar atau sekitar Rp 346 triliun (asumsi kurs Rp 13.343 per dolar Amerika Serikat).

Hal itu berdasarkan laporan Hurun Global Rich List 2017, seperti dikutip dari livemint.com, yang ditulis Kamis (9/3/2017). Ambani duduki posisi puncak sebagai orang terkaya di India. Sedangkan secara global menduduki posisi 28.

Laporan Hurun menyebutkan sejak pemerintah India memberlakukan demonetisasi atau penghapusan dan penarikan uang nominal tertentu, jumlah miliarder dari India menyusut sekitar 11 orang.

Pemerintahan India menarik uang nominal 500 dan 1.000 rupee pada November 2016. Keputusan tersebut bertujuan menindak penggelapan pajak. Ada pun pengusaha e-commerce Sachin dan Binny Bansal tidak lagi masuk daftar miliarder.

Berdasarkan laporan Hurun, India memiliki 100 miliarder maka Mumbai menjadi kota dengan memiliki 42 miliarder. Diikuti New Delhi yang memiliki 21 miliarder dan Ahmedabad memiliki 9 miliarder.

Melihat kondisi itu, Jerman pun menggeser posisi India sebagai negara yang memiliki banyak miliarder. Jerman berada di posisi ketiga, sedangkan India di posisi keempat. Ada pun posisi pertama ditempati China, disusul Amerika Serikat (AS), kemudian Jerman.

Orang kaya lainnya di India setelah Ambani antara lain chairman grup Hinduja yaitu P Hinduja dan keluarga dengan kekayaan US$ 14 miliar. Kemudian pendiri Sun Pharmaceutial Dilip Shanghvi di posisi ketiga dengan total kekayaan US$ 14 miliar. Posisi Shanghvai turun lantaran saham Sun Pharma merosot 18 persen.

Di posisi keempat dipegang oleh pengusaha konstruksi Pallonji Mistry. Total kekayaannya mencapai US$ 12 miliar. Selain itu, Lakshmi Mittal, chairman of Arcelor Mittal memiliki kekayaan sekitar US$ 12 miliar.

Posisi keenam dipegang oleh Shiv Nadar dengan kekayaan US$ 12 miliar. Diikuti oleh Cyrus Poonawalla yang memiliki kekayaan US$ 11 miliar.

Kemudian posisi delapan dipegang oleh Azim Premji. Kekayaannya naik 26 persen. Total kekayaan mencapai US$ 9,7 miliar. Sedangkan posisi sembilan dipegang oleh Uday Kotak. Kotak satu-satunya orang kaya memiliki usaha di sektor perbankan dari daftar orang kaya di India.

Posisi 10, Rueben bersaudara yaitu David dan Simon dengan memiliki kekayaan senilai US$ 6,7 miliar. Total kekayaannya naik 29 persen dari tahun lalu. Rueben bersaudara memiliki kepemilikan saham mayoritas di Global Switch dan Reuben Foundation yang fokus pada perawatan kesehatan dan pendidikan.

Ada pun dua pendatang baru sebagai orang kaya di India yaitu Vijay Shekhar Sharma dan Divvyank Turakhia. Mereka juga menjadi orang kaya termuda di India dengan total kekayaan US$ 1,2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang Kaya

Video Terkini