Sukses

4 C​ara Berhemat Biar Hidup Lebih Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang berpikir jika ingin berhemat maka harus siap hidup susah. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan berhemat tanpa harus hidup susah.

Mulai dari melakukan hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang besar, apa pun itu, yang terpenting Anda harus bisa berkomitmen dalam membiasakannya.

Langkah berhemat sebenarnya bisa diterapkan melalui cara yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari, agar hidup pun lebih bahagia.

Melansir laman Success Magazine, berikut ini beberapa cara berhemat dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dicoba:

1. Hidup "cukup"

Apakah Anda memiliki semua yang Anda inginkan atau butuhkan? Atau Anda hanya hidup "cukup"? Budaya modern biasanya selalu tidak pernah ada kata cukup, ada saja yang membuat orang ingin lebih dalam hal apapun.

Misalnya jika sudah beli mobil, ingin dimodifikasi, kemudian ingin dicat baru, setelah bosan, ingin punya yang baru lagi. Atau punya hp baru, ada keluaran lebih baru, ingin beli, begitu seterusnya.

Tanpa disadari Anda sudah mengeluarkan uang banyak untuk hal-hal semacam itu, hanya karena ingin sama dengan teman atau tetangga, maka Anda pun harus seperti itu juga. Padahal sebenarnya tanpa beli baru, barang yang lama juga masih berfungsi baik.

Sadarilah bahwa kondisi itu sebenarnya sudah berlebihan, pahami dengan benar kata cukup untuk Anda. Jika merasa finansial, fisik, emosional Anda sudah tercukupi, Lupakan definisi kata cukup buat orang lain. Karena “cukup” Anda dan cukup orang lain berbeda.

2. Hentikan tagihan bulanan yang tidak perlu

Anda bisa berhemat dengan cara memangkas anggaran yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Misalnya menggunakan tv kabel berlangganan, padahal jarang ditonton, tapi Anda harus membayar biaya bulanan yang cukup besar.

Jika memang masih ingin menonton TV kabel, sebaiknya cari pilihan dengan tawaran harga langganan yang lebih murah, atau berlangganan gym bulanan yang juga tidak pernah dipakai.

Namun jika Anda memang tidak menggunakannya, sebaiknya berhenti saja berlangganan, uangnya pun bisa Anda simpan atau gunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

2 dari 2 halaman

jajan di luar

3. Mengurangi jajan di luar

Jika Anda sering makan dan jajan di luar saat jam makan siang, cobalah ganti kebiasaan dengan membawa bekal makanan dari rumah. Selain lebih hemat, pastinya juga lebih sehat.

Tapi jika sesekali ingin makan di luar, batasi dalam seminggu 1-2 kali. Dan lihatlah berapa banyak penghematan yang bisa Anda lakukan dengan mengurangi membeli makan di restoran atau jajan di luar.

4. Berhenti membeli karena ikut tren

Tren terus bergerak dan sulit untuk mengikutinya. Salah satunya mengikuti tren mode. Seperti Anda tidak harus mengganti lemari setiap tahun karena ada mode terbaru.

Berhentilah menjadi budak mode. Bila barang di rumah masih bagus dan layak digunakan, tak perlu membeli yang baru, jangan takut dibilang ketinggalan jaman. Yang terpenting Anda nyaman, hindarkan pemikiran-pemikiran yang tidak menguntungkan seperti itu.

Menjaga kesederhanaan dalam hidup akan membebaskan waktu dan kemampuan Anda untuk menikmati hidup yang lebih baik. Menghemat uang dengan cara yang tepat bukan berarti harus hidup susah, tapi Anda justru telah menghargai waktu, pikiran dan  uang yang Anda keluarkan.​

Loading