Sukses

Jepang-RI Bakal Tingkatkan Kerja Sama Sektor Maritim

PM Jepang Shinzo Abe menuturkan, kerja sama sektor maritim jadi prioritas mengingat Jepang dan Indonesia sebagai sesama negara maritim.

Liputan6.com, Bogor - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe menyatakan pertemuan yang digelar antara dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan untuk memperdalam kerja sama antar kedua negara di berbagai bidang. Salah satunya di sektor kemaritiman.

"Pertemua hari ini adalah pertemuan dengan Presiden Joko, kami sepakat untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang, meningkatkan kemitraan strategis di antara kedua negara yang saling berbagi nilai-nilai dasar dan kepentingan strategis," ujar dia di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

‎Abe menuturkan, s‎ebagai sesama negara maritim, bagi Jepang dan Indonesia kerja sama di bidang kemaritiman adalah prioritas paling utama dalam kerja sama antar kedua negara. Untuk itu, Jepang akan secara aktif mendorong kerja sama di bidang keamanan laut.

"Dan pengembangan di pulau-pulau terpencil di Indonesia melalui forum maritim Indonesia-Jepang yang dibentuk pada Desember lalu," kata dia.

Selain itu, lanjut Shinzo Abe, dirinya bersama Presiden Jokowi juga telah sepakat memperdalam kerja sama di bidang keamanan dan pertahanan dengan memanfaatkan kerangka pembahasan di bidang keamanan dan pertahanan seperti dalam pertemuan tingkat menteri 2 Plus 2.

‎Sementara itu, Presiden Jokowi menyatakan, terkait kerja sama 2 Plus 2 akan dilakukan pembahasan secara lebih mendalam antara kedua negara. Pembahasan tersebut akan dilaksanakan di Indonesia.

"Beberapa hal yang dibahas dengan Perdana Menteri Abe, antara lain kesepakatan agar kerja sama dalam konteks 2 Plus 2, Menlu dan Menhan kedua negara akan dilakukan tahun ini di indonesia‎," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini