Sukses

Resolusi yang Harus Dibuat Jika Ingin Karier Sukses di 2017

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016 hampir berakhir. Menjelang pergantian tahun, saatnya bagi Anda untuk menyusun bencana demi kesuksesan karier di tahun mendatang.

Tentunya Anda tidak ingin karier Anda jalan di tempat bukan? Kalau ingin sukses, jangan lupa masukan hal-hal berikut dalam daftar resolusi Anda seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Negosiasi gaji

Coba evaluasi pendapatanmu selama ini. Kalau Anda selalu merasa nelangsa saat akhir bulan padahal sudah berhemat habis-habisan, mungkin gaji Anda tergolong kecil di tengah biaya hidup yang semakin mahal.

Kalau ternyata gaji Anda jauh dari rata-rata bahkan di bawah UMR, segera ajukan kenaikan. Kenaikan gaji sebenarnya bisa dilakukan siapa saja dengan masa kerja minimal satu tahun. Tanpa meminta pun sebenarnya Anda berhak menerima kenaikan 10 persen setiap tahun.

Jika kantor menolak menaikkan gaji Anda padahal Anda sudah lama bekerja di sana dan tidak kunjung mendapat kenaikan setelah bertahun-tahun, inilah pertanda kalau Anda harus cari kantor lain yang bisa membayar Anda dengan layak. (Baca juga: Lima Hobi yang Bisa Mengacaukan Karier Kamu)

2. Mengundurkan diri kalau tidak mencintai pekerjaan

Pasti tidak sedikit orang yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak nyambung dengan disiplin ilmu mereka, pekerjaan yang membosankan, atau pekerjaan yang tidak dicintai.

Tapi demi menyambung hidup dan menimba pengalaman, akhirnya pekerjaan apapun dilakoni. Kalau sudah begini, Sabtu menjadi hari yang paling dinanti sedangkan Senin jadi hari paling dibenci. Merasa seperti ini?

Hidup hanya sekali. Sampai kapan Anda mau terjebak dalam pekerjaan yang tidak dicintai? Jangan sia-siakan hidup dan ambillah langkah berani.

Keberhasilan bisa dicapai karena keluar dari zona nyaman. Siapa tahu dengan keluar dari pekerjaan saat ini dan banting stir pada bidang yang Anda minati bisa membuat Anda makin sukses.

2 dari 3 halaman

Kelola bonus



3.  Tidak menghambur-hamburkan bonus

Apa yang Anda lakukan saat menerima bonus? Ditabung atau langsung dibelikan barang-barang favorit? Banyak orang tidak punya rencana saat menerima bonus, sehingga berakhir jadi pemborosan.

Kalau Anda tidak punya tabungan meski sudah lama bekerja, tandanya Anda bukan kerja, tapi ‘dikerjai’. Padahal, Anda pasti punya keinginan untuk punya rumah pribadi atau pergi haji.

4. Cari pekerjaan sampingan

Karena berstatus sebagai karyawan dengan pendapatan tetap, Anda bisa memperkirakan berapa total gaji beserta bonus sampai akhir tahun nanti. Masih merasa kurang? Tandanya Anda harus mencari bisnis sampingan atau pekerjaan sampingan. Siapa tahu pemasukan dari sini bisa lebih besar dari gaji.

3 dari 3 halaman

kursus keahlian



5. Ikut kursus keahlian

Merasa kalah saing di kantor? Teman-teman seusia Anda sudah naik pangkat sedangkan Anda di situ-situ saja. Mungkin rahasia suksesnya karena mereka punya keahlian yang lebih.

Susul ketertinggalan Anda dengan mengikuti kursus keahlian. Jangan dulu beralasan tidak sempat, karena ada banyak kursus keahlian yang jadwalnya bisa disesuaikan dengan jadwal karyawan.

6. Mendapatkan beasiswa di kantor

Sekolah ke luar negeri dan dibayari kantor? Mungkin saja. Kalau Anda dinilai sebagai aset yang berharga bagi perusahaan dan perusahaanmu memang punya program beasiswa, Anda berpeluang melanjutkan sekolah gratis.

Kalaupun kantor tidak menyediakan beasiswa, pasti banyak pelatihan-pelatihan di dalam maupun luar negeri yang bisa Anda ikuti. Perkaya diri Anda dengan ilmu selagi masih muda.

Loading