Sukses

Pemda Siap Bantu Tertibkan Bangunan Liar di Sekitar Jalur Ganda

‎Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono akan membantu mempercepat penyelesaian proyek pembangunan jalur dua rel ganda Manggarai-Cikarang.‎

Liputan6.com, Jakarta ‎Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono berjanji untuk membantu mempercepat penyelesaian proyek pembangunan jalur dua rel ganda atau double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang.‎ Selama ini proyek tersebut terhambat lantaran masalah pembebasan lahan.

Soni mengungkapkan, ‎pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan PT KAI untuk menyelesaikan permasalahan ini. Untuk mengatasi masalah pembebasan lahan, Soni akan melakukan penertiban pada bangunan yang menghambat proses pembangunan.

"Jadi Pemda dan pemerintah pusat bersinergi. Tugas dari Pak Menhub, dan ada porsi dari DKI selama ini akan fokus pada pembebasan lahan. Dan penertiban, yang memang dibutuhkan, untuk memperlancar proyek ini sekitar jalur," ujar dia di kawasan Manggarai, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Dia menjelaskan, ada sejumlah titik lokasi yang akan dilakukan penertiban, salah satunya di Cikini‎, Jakarta Pusat. Di kawasan ini ada sekitar 20 bangunan yang akan ditertibkan.

"Ada beberapa titik, ada beberapa stasiun. Di Cikini yang paling banyak di Cikini ada 18-20 bangunan yang kita ajak kompromi untuk pembebasan. Kemudian ada tempat sampah di sekitar Cpinang. Yang lain penertiban bangunan di sekitar, perjalanan kereta api. Saya yakin ini bisa selasai‎," kata dia.

Soni mengatakan, penertiban yang akan dilakukan bukan selalu dalam bentuk penggusuran. Tindakan yang akan dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

‎"(Penggusuran?) tingkat ini tergantung jenisnya, kita sebagian. Kalau pembebasan ada penggantian, yang kalau pun ada penggusuran ada pengalihan saja ini kan dipakai untuk kepentingan umum," tandas dia. (Dny/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.