Sukses

RI-Rumania Jajaki Kerja Sama Transportasi dan Kemaritiman

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi akan menjajaki kerja sama di bidang pelatihan infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi akan menjajaki kerja sama di bidang pelatihan infrastruktur transportasi dan maritim dengan Rumania

Hal ini terungkap saat Budi Karya menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Romania, Lazar Comanescu di Kementerian Perhubungan RI beberapa hari lalu.

"Dengan memulai kontak bisnis sejak masa pendidikan dan pelatihan, maka akan dapat diciptakan business networking yang lebih langgeng antara Indonesia dan Romania," kata Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (14/10/2016).

Sementara itu Menlu Romania menegaskan bahwa pihaknya sangat serius untuk lebih meningkatkan kerjasama di bidang kemaritiman, khususnya dalam pembangunan dan pengelolaan pelabuhan di Indonesia.

"Saya akan meminta Menteri Transportasi dan Dirjen Asia Kemlu Romania berkomunikasi dengan Duta Besar Indonesia untuk Romania untuk menindak-lanjuti kerjasama Indonesia dan Romania di bidang kepelabuhanan," kata Menlu Romania.

Budi menyambut baik usulan kerjasama ini, dan meminta agar Duta Besar Romania di Jakarta juga melakukan pembicaraan dengan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub dan berkomunikasi dengan BUMN operator pelabuhan Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Romania, Diar Nurbintoro menyatakan bahwa kerjasama bilateral bidang kemaritiman antara Indonesia dengan Romania telah berjalan baik dan cukup berkembang. Duta Besar Diar juga menegaskan bahwa untuk memperkuat kerjasama ini, kedua negara sedang menyelesaikan perundingan.

"Perjanjian Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Romania Untuk Transportasi Maritim diharapkan dapat ditanda-tangani secepatnya," tutup dia. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.