Sukses

Mau Jual Emas? Ikuti 5 Tips Ini

Penting bagi pemilik emas untuk memahami beberapa hal sebelum menjual logam mulia yang mereka punya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai instrumen investasi, emas memiliki nilai yang meningkat apabila disimpan dalam jangka waktu tertentu. Untuk mendapatkan kenaikan nilai ini, Pemilik dapat mendapatkannya dengan menjual emas tersebut.

Penting bagi pemilik emas untuk memahami beberapa hal sebelum menjual logam mulia yang mereka punya. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa terhindar dari resiko yang mungkin didapat. Dilansir dari boston.com, Sabtu (8/10/2016), berikut lima tips sebelum menjual emas.

1. Teliti sebelum menjual

Coba cek harga emas yang Anda miliki sebelum melakukan penjualan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi di internet atau bertanya pada toko emas yang berada di lingkungan Anda.

2. Pilih tempat paling baik
Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih sebagai tempat menjual emas. Setiap tempat akan memberikan penawaran berbeda-beda. Inilah gunanya Anda melakukan survei sebelum menjual.

Dengan memiliki dua atau tiga penawaran harga dari toko yang berbeda, Anda akan mengetahui toko yang memberikan penawaran terbaik.

3. Tahu keaslian emas

Pahami bahwa bahwa kualitas emas bervariasi dan ditentukan dari Karat. Sebagian besar perhiasan memiliki keaslian 14-18 karat. Anda dapat mengecek keaslian emas sesuai dengan yang tertera pada sertifikat pembelian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koin emas

4. Hati-hati dengan koin logam emas

Dibanding menjual koin logam emas kepada toko emas, akan lebih baik untuk menjual emas jenis ini pada kolektor. Nilai yang bisa Anda dapatkan justru lebih besar.

5. Berpikir realistis

Walau harga yang ditawarkan oleh tiap toko emas berbeda-beda, Anda juga harus tetap memiliki batas harga realistis yang ingin dicapai. Hal ini dapat memudahkan Anda saat berdiskusi akan harga yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.