Sukses

6 Cara Cepat Hilangkan Stres Saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Pada pekerja profesional umumnya sering mendapat gangguan kala bekerja. Rata-rata dari mereka bahkan haus menghadapi tujuh gangguan saat menyelesaikan suatu pekerjaan. Inilah mengapa lebih dari 40 persen pekerja menuturkan bahwa mereka rentan terpapar stres saat bekerja.

Walau begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal ini. Melakukan beberapa tindakan ini dengan rutin bisa mengurangi tingkat stres saat bekerja di kantor.

Apa saja? Melansir Forbes, Rabu (21/9/2016) berikut ulasannya:

1. Menarik nafas panjang

Pekerjaan yang banyak serta deadline yang semakin dekat membuat tubuh mengeluarkan hormon stres dan menurunkan kepercayaan diri.

Di situasi seperti ini Anda bisa mencoba menenangkan diri Anda dengan menarik nafas panjang. Hal ini akan membantu aliran oksigen masuk ke dalam otak sehingga pikiran pun bisa jadi lebih jernih.

2. Kurangi gangguan saat bekerja

Anda juga bisa mulai mengurangi kadar stres dengan mengurangi gangguan yang datang saat bekerja. Gangguan ini bisa dalam bentuk suara ataupun barang-barang yang menumpuk di meja kerja.

Cobalah untuk mengurangi gangguan ini dengan memberi batasan pada diri Anda sendiri sehingga nantinya Anda pun lebih mudah fokus saat bekerja.

2 dari 3 halaman

Jadwalkan hari dengan baik

3. Jadwalkan hari dengan baik

Membuat jadwal kegiatan setiap hari juga bisa membuat Anda terhindar dari stres saat bekerja. Jadwal yang Anda buat ini nantinya berfungsi sebagai panduan akan kegiatan apa saja yang harus dilakukan. Waktu yang dimiliki bisa menjadi lebih efektif dengan adanya jadwal yang Anda buat sebelumnya.

4. Makan makanan bergizi

Asupan gizi yang baik membuat produktivitas Anda semakin meningkat. Hindari makan makanan yang bisa menurunkan fokus seperti junk food atau gorengan. Selain tidak baik bagi kesehatan, makanan seperti ini juga bisa menjadi pemicu stres saat kerja.

3 dari 3 halaman

Istirahat yang cukup

5. Istirahat yang cukup

Istirahat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan seseorang. Stres saat bekerja bisa muncul apabila tubuh Anda sudah terlalu lelah untuk bekerja. Untuk menanggulangi hal ini maka istirahat menjadi solusi utama.

6. Kerjakan dahulu prioritas utama

Ketika banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam satu waktu, terkadang sulit rasanya untuk menentukan langkah apa yang harus dikerjakan.

Apabila hal ini sudah terjadi pada Anda maka coba kerjakan dahulu apa yang menjadi prioritas. Taruh fokus Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sehingga pikiran stres akan mudah dihalangi. (Vna/Ndw)

Loading