Sukses

Jurus Jasa Marga Antisipasi Kemacetan di Tol Saat Libur Panjang

Pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan strategi untuk mengatasi kepadatan kendaraan saat libur panjang Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta Pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan strategi untuk mengatasi kepadatan kendaraan saat libur panjang Idul Adha. Terlebih untuk masyarakat Jakarta yang berbondong-bondong ke luar kota untuk berlibur.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, untuk mengatasi kepadatan kendaraan, Jasa Marga akan fokus pada pintu dan lajur tol. "Kita tidak hanya fokus di gerbang tol tapi juga di lajur," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (11/9/2016).

Dia menjelaskan, cara yang dilakukan Jasa Marga ialah menerapkan sistem buka tutup di rest area. Jika rest area telah dipadati kendaraan maka akan dialihkan ke rest area berikutnya. Hal itu juga sering dilakukan di kondisi macet dan padat di musim liburan sebelumnya.

"Kita juga akan melakukan contra flow, pengaturan lalu lintas," tambah dia.

Pada pintu tol, dia mengatakan Jasa Marga juga siap untuk memberikan petugas tambahan untuk menerapkan sistem jemput bola. "Itu situasional untuk antisipasi," terang dia.

Untuk diketahui, jumlah kendaraan yang telah melintas melalui pintu tol Cikarang Utama mencapai 99.700 kendaraan pada Jumat (9/9/2016) yang merupakan puncak liburan. Jumlah tersebut di bawah Jasa Marga yang mencapai 100 ribu kendaraan.

"Sekarang nggak terlalu banyak antrian, normal," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.