Sukses

Pertamina Tambah Tangki BBM di Maumere

Pertamina akan membangun tangki BBM dengan kapasitas 5.000 kl di Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan membangun tangki bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan kapasitas 5.000 kiloliter (kl) di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun depan.

"Kami memang ada rencana bangun tangki untuk solar di Maumere untuk tahun depan," kata General Manager Marketing Operation Region 5 Pertamina, Ageng‎ Giriyono di Maumere, NTT, Senin (29/8/2016).

Menurut Ageng, pembangunan tangki tersebut untuk memenuhi kebutuhan solar yang terus meningkat. Pertamina mencatat konsumsi solar memiliki porsi tertinggi jika dibandingkan jenis BBM lain, dengan konsumen utama PT PLN (Persero) mencapai 80 kl per hari untuk menerangi wilayah tersebut.

"Secara total, konsumsi solar di tempat kami lebih besar dibanding premium karena untuk PLN. Sehingga dengan solar ini menjadi bagian daripada kami memperhatikan sektor selain transportasi. Sektor transportasi kan dilayani dengan BBM," jelas Ageng.

Ageng mengungkapkan, untuk membangun tangki tambahan tersebut biayanya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun, ia belum bisa menyebutkan besaran angkanya.

"Investasi yang dilakukan Pertamina dalam rangka pengembangan depot-depot di NTT, pemerintah memberikan perhatian melalui APBN," terang Ageng.

Untuk diketahui, penjualan BBM di NTT per bulannya mencapai 32 ribu kl untuk solar, 25 ribu kl untuk premium, dan 7.700 kl untuk minyak tanah. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.