Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Masih Mahal

Pedagang menyatakan kalau harga cabai rawit merah telah sentuh Rp 54 ribu per kg dari pasar induk.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah masih relatif tinggi di pasaran. Harga cabai rawit merah masih di kisaran Rp 60 ribu per kg atau belum mengalami perubahan dalam sebulan terakhir.

Siti Fathonah (46) pedagang Pasar Kabayoran Lama tak menjelaskan secara rinci penyebab tingginya harga cabai rawit di pasar. Dia bilang, harga tersebut sudah terlampau tinggi saat dipasok dari Pasar Induk Kramat Jati.

"Sudah sebulan. Lebaran itu sempat turun. Tapi naik lagi. Turun dikit misal dari Rp 60 ribu per kg jadi Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Dia mengatakan, harga cabai rawit merah telah menyentuh Rp 54 ribu per kg dari pasar induk. Namun, harga bisa turun jika cabai tersebut dioplos dengan cabai rawit putih.

"Dicampur putih bisa sampai Rp 30 ribu per kg. Cuma tidak berani. Tidak pedas," ungkap dia.

Harga kebutuhan lain yang terpantau tinggi antara lain bawang merah dan bawang putih. Keduanya, saat ini dijual Rp 40 ribu per kg. "Bawang merah dan bawang putih sama, masih Rp 40 ribu per kg," ujar dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Cabai rawit merah Rp 60 ribu per kg

Cabai keriting merah Rp 35 ribu per kg

Bawang merah Rp 40 ribu per kg

Bawang putih Rp 40 ribu per kg

Tomat Rp 8 ribu per kg

Kentang Rp 20 ribu per kg

Sawi Rp 10 ribu per kg

Wortel Rp 12 ribu per kg

Kol Rp 10 ribu per kg.

Daging sapi

Sirloin Rp 120 ribu per kg

Tenderloin Rp 130 ribu per kg

Ati Rp 60 ribu per kg

Paru Rp 60 ribu per kg

Babat Rp 25 ribu per kg

Usus Rp 25 ribu per kg

 

(Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini