Sukses

KEIN: Tak Ada Negara Maju Tanpa Pertumbuhan Industri

Pemerintah mesti mendorong industrialisasi untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah mesti mendorong industrialisasi untuk meningkatkan perekonomian nasional. Lantaran sejak industrialisasi memudar maka sejak itulah perekonomian nasional melemah.

Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, pasca reformasi sejalan ‎adanya liberalisasi mendorong keterbukaan akses antar negara di dunia. Hal tersebut juga mendorong barang-barang dari luar negeri ke Indonesia.

"Akses yang mudah mendapatkan barang mudah dari luar, mungkin meja kita dari luar," kata dia dalam acara Workshop Media di Bogor, Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Dia mengatakan, banyak serbuan barang dari luar ditambah maraknya barang ilegal semakin melemahkan industri nasional. "Ditambah lagi penyelundupan di mana-mana. Tidak kena pajak. Matilah industri, ekonomi kita," ujar dia.

‎Soetrisno mengatakan hal tersebut menjadi cikal bakal pemerintah membentuk Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Komite Ekonomi dan Industri Nasional, KEIN memiliki tugas untuk melakukan pengkajian terhadap permasalahan ekonomi dan industri nasional, regional, dan global.

Kemudian, menyampaikan saran tindak strategis dalam menentukan kebijakan ekonomi dan industri nasional kepada Presiden. Terakhir, melaksanakan tugas lain dalam lingkup ekonomi dan industri yang diberikan Presiden. "‎Tidak ada negara maju tanpa pertumbuhan industri," ujar dia. (Amd/Ahm)

 

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini