Sukses

Ingat 5 Hal Ini Saat Pertama Kali Ajukan Kartu Kredit

Di jaman sekarang, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Di jaman sekarang, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kartu kredit. Kartu sakti tersebut sangat bermanfaat untuk transaksi sehari-hari karena dapat menunda pembayaran hingga ke jatuh tempo.

Bukan itu saja, kartu kredit juga dapat digunakan untuk membantu penghematan karena adanya fitur seperti diskon dan cashback. Bagi kamu yang pernah memiliki kartu kredit, tentu ini merupakan salah satu momen yang tepat untuk mengajukan kartu kredit pertama kamu.

Berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa membantu pengajuan kartu kredit pertama kamu lebih mulu seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Buka di bank yang sama dengan rekening bank kamu sekarang

Pengajuan kartu kredit pertama lebih baik diajukan di bank yang sama saat kamu membuka rekening tabungan. Bank yang sama akan lebih mudah melihat aliran keluar masuk di dana tabungan kamu dan tentunya akan memberikan penilaian positif jika arus kas kamu sehat.

2. Jangan lupa untuk membaca beberapa pengetahuan dasar seputar kartu kredit

Sebelum mengajukan untuk kartu kredit, kamu harus mengerti dasar-dasar cara kerja kartu kredit. Satu hal paling penting yang perlu kamu ketahui, kartu kredit merupakan utang, bukan aset.

Dengan cara ini, kamu bisa minimal mengetahui cara benar penggunaan kartu kredit agar tidak sampai boros dan tetap bisa menikmati keuntungan dari kepemilikan kartu kredit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat pengajuan


3. Baca syarat umum pengajuan kartu kredit

Pada saat pengajuan kartu kredit, bank biasanya mencantumkan syarat-syarat umum yang perlu kamu penuhi seperti usia minimal, pekerjaan, kewarganegaraan, dan sebagainya.

Jika memang tidak memenuhi, jangan coba-coba berbohong karena bank akan mengecek data kamu dengan detil. Jika ketahuan bohong, maka kamu tidak akan diloloskan. Baca juga: 5 Cara Cerdas Membantu Anak Memanfaatkan Angpao Lebaran

4. Pastikan dokumen yang diperlukan lengkap dan jelas

Saat mengajukan aplikasi kartu kredit, kamu pasti akan dimintai berbagai data seperti nomer kontak dan kelengkapan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji.

Pastikan agar kamu sudah menyiapkan seluruh dokumen pribadi yang sesuai dengan kebutuhan bank tempat kamu akan mulai mengajukan kartu kredit. Kesalahan atau kelalaian data pribadi dapat menyebabkan aplikasi kamu ditolak.

3 dari 3 halaman

Bandingkan


5. Coba bandingkan berbagai jenis kartu kredit

Yang paling penting, jangan lupa untuk membandingkan berbagai produk kartu kredit. Kalau kamu punya kebanyakan kartu kredit yang tidak memberikan manfaat tambahan untuk kamu, bisa-bisa kamu malah menjadi lebih boros dan tidak hemat karena harus membayar biaya tahunan untuk kartu kredit yang tidak begitu berguna.

Baca juga: 5 Deal Terbaik untuk Hemat Kebutuhan Back To School si Kecil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini