Sukses

Pelonggaran Aturan KPR Bakal Bantu Program Sejuta Rumah

Pelonggaran LTV ini akan membantu peningkatan penyaluran kredit BTN, terutama di rumah-rumah yang non subsidi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, menyambut positif rencana pelonggaran Loan to Value (LTV) atau aturan Kredit Pembiayaan Rumah (KPR) yang akan dikeluarkan Bank Indonesia (BI).

Direktur Utama BTN Maryono mengaku pelonggaran aturan KPR in akan membantu dalam menyukseskan program sejuta rumah yang tahun ini kembali digulirkan pemerintah .

‎"Kami menyambut baik kebijakan tersebut dan ini akan mendorong bisnis di pembiayaan perumahan untuk tumbuh lebih baik,‎" kata Maryono dikantornya yang ditulis, Kamis (9/6/2016).

 Baca Juga


‎Sebagai perbankan yang fokus dalam pembiayaan perumahan, pelonggaran LTV ini akan membantu peningkatan penyaluran kredit BTN, terutama di rumah-rumah yang non subsidi. Perseroan mentargetkan tahun ini bisa menyalurkan 570 ribu pembiayaan perumahan‎ ke masyarakat.

Selain kemudahan dalam memenuhi down payment (DP) terutama dalam pembelian rumah kedua, kebijakan pelonggaran ini juga memudahkan para pengembang dalam melakukan konstruksi rumah lebih banyak lagi.

‎"Pembiayaan perumahan itu berdampak pula terhadap GDP (gross domestic product) dan itu menjadi nadi bagi ekonomi nasional," ucap Maryono.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan hingga kuartal I 2016, BTN mencatatkan kredit dan pembiayaan yang tumbuh 18,9 persen menjadi Rp 143 triliun. Pertumbuhan kredit di kuartal I 2016 itu sekaligus menjawab permintaan masyarakat terhadap rumah masih cukup tinggi. ‎(Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini