Sukses

Menengok Indahnya Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemarin meresmikan Jembatan Pak Kasih Tayan di Sanggau Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemarin meresmikan Jembatan Pak Kasih Tayan di Sanggau Kalimantan Barat. Jembatan indah ini merupakan yang terpanjang di Kalimantan.

Jokowi mengingatkan bahwa tujuan dari berbagai pembangunan infrastruktur adalah untuk menghadirkan manfaat nyata bagi rakyat. Semua infrastruktur perhubungan diharapkan akan membuat pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar.

“Ujungnya rakyat akan mendapat harga barang dan jasa yang lebih murah," tutur Jokowi dikutip dari situs Sekretaris Kabinet, Rabu (23/3/2016).

Dia mengatakan, Jembatan Pak Kasih Tayan bisa menggerakkan roda perekonomian di Kalimantan, khususnya di Kalbar dan Kalteng. Ia menyebutkan, keseriusan pemerintah dalam membangun jembatan ini ditunjukkan dengan pengerjaan yang sangat cepat, karena dibutuhkan masyarakat.

Jembatan Pak Kasih Tayan (Foto: Kementerian PU-PR)

Jembatan Pak Kasih Tayan (Foto: Kementerian PU-PR)

“Sebelum ada jembatan ini, mobil dan motor harus bayar Rp 200 ribu. Artinya masyarakat mendapat keuntungan karena tadinya bayar, sekarang tidak,” ujar Presiden.

Jembatan Pak Kasih Tayan ini merupakan bagian dari jalur Trans Kalimantan. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan dengan total panjang 1.650 meter (m).

Jembatan ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat di bagian Utara, dengan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian Selatan.

Jembatan yang memiliki dua bentang utama, pertama panjangnya 430 meter dan bentang kedua mencapai 1.220 meter dengan lebar 11 m.

Jembatan Pak Kasih Tayan (Foto: Kementerian PU-PR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.