Sukses

Semen Indonesia Bentuk Anak Usaha Baru di Aceh

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, hari ini resmi membentuk anak usaha baru yang bakal beroperasi di Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, hari ini resmi membentuk anak usaha baru yang bakal beroperasi di Aceh. Anak usaha ini dibentuk atas kerja sama antara Semen Indonesia dengan PT Samana Citra Agung.

Direktur Utama Semen Indonesia Suparni menjelaskan, porsi kepemilikan saham Semen Indonesia di anak usaha ini mencapai 87,5 persen, sementara PT Samana Citra Agung memiliki porsi 12,5 persen.

"Hal ini bagian dari langkah strategis perusahan dalam rangka memenuhi kebutuhan volume dan memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan efisiensi dari operasional perusahaan,"‎ kata Suparni di Kementerian BUMN, Kamis (17/3/2016).

 

Dijelaskannya, selama ini kebutuhan semen di wilayah Aceh dipasok dari pabrik Semen Padang. Jauhnya jarak produksi dengan pusat konsumsi menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya distribusi yang cukup besar.

Anak usaha patungan ini dinamai PT Semen Indonesia Aceh. Sementara mengenai total investasi yang dikeluarkan untuk membangun anak usaha dan kemudian membangun pabrik baru ini mencapai Rp 5 triliun.

"Samana Citra Agung ini sebelumnya sudah memiliki lahan mencapai 1.500 hektar, sementara kalau kita mau bangun pabrik, untuk ngurus lahan sebesar itu bisa memakan waktu yang lama, bisa lima tahunan," terang Suparni.

Proyek pabrik baru yang akan dibangun di Aceh Timur ini baru akan dimulai pada 2016 dan akan selesai dan mulai produksi di 2020. Mengenai kapasitas produksinya, Semen Indonesia Aceh nantinya ditargetkan mampu memproduksi semen sebesar 3 juta ton per tahunnya.

"Kami memilih metode pengembangan usaha seperti ini, karena dengan cara ini, ini pengembangan yang produktif dan efektif," terang dia.

Dengan strategi ini, diharapkan Suparni, dapat meningkatkan daya saing Semen Indonesia Holding Company dalam bersaing di pasar internasional, terlebih saat ini sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.