Sukses

Manfaat yang Didapatkan dari Asuransi

Liputan6.com, Jakarta - Masih lekat di ingatan bagaimana kejadian bom di kawasan Sarinah pada pertengahan Januari lalu membuat gempar seluruh Jakarta.

Bahkan hampir seluruh penduduk Indonesia menjadi was-was, mengingat hal tersebut bukanlah yang pertama kalinya terjadi di negeri ini.

Berkali-kali menjadi tempat terjadinya aksi terorisme, membuat Indonesia menjadi sorotan luas di mata dunia.

Meski hal ini biasanya hanya berpusat dan terjadi di satu wilayah tertentu saja, namun bagi sebagian besar masyarakat hal ini tetap saja menjadi sebuah kejadian yang menakutkan dan menimbulkan beragam opini yang berbeda-beda.

Sebagian anak muda mengajak untuk melawan rasa takut tersebut dengan berbagai aksi yang ditujukan untuk menggalang persatuan dan ini adalah sebuah respon positif, yang bisa dijadikan sebagai anti trauma bagi orang-orang yang tinggal atau beraktivitas di sekitar tempat kejadian.

Teror bom menyasar siapa saja, itulah faktanya. Tidak diperuntukkan bagi seseorang atau sebuah komunitas tertentu, sehingga siapa saja bisa menjadi korban tindakan tersebut.

Anda, mereka, atau siapa saja yang berada di kawasan tujuan peledakan yang telah ditentukan oleh para pelaku.

Untuk itu Anda perlu sesuatu yang melindungi keselamatan jiwa dan keuangan. Meski kita tidak menginginkan hal buruk terjadi pada diri kita atau siapa pun yang berada di sekitar kita, namun hal seperti itu bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun.

Maka untuk mengantisipasi berbagai hal buruk tersebut kita membutuhkan asuransi sebagai bentuk perlindungan diri.

2 dari 2 halaman

Manfaat dari Asuransi

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah asuransi seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (8/3/2016):

1. Menolong di Saat Posisi Darurat

Berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi dan menimpa diri Anda sewaktu-waktu, di mana hal ini tentu saja tidak ada dalam perencanaan bukan? Asuransi akan membantu Anda memiliki akses mudah untuk mendapatkan pelayanan pertolongan di rumah sakit, meskipun Anda berada jauh atau tidak dalam pendampingan keluarga ataupun kerabat yang dikenal.

Dengan mudah Anda akan mendapatkan perawatan dari pihak rumah sakit, sehingga segala kondisi buruk yang Anda alami bisa segera diatasi dengan cepat tanpa membuang-buang waktu yang kemungkinan membuat nyawa Anda dalam bahaya.

2. Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Dengan memiliki asuransi, maka Anda lebih terjamin untuk mendapatkan layanan terbaik dari rumah sakit, di mana hal ini akan disesuaikan dengan besaran premi yang Anda bayarkan setiap bulan.

Anda akan dengan mudah mengakses layanan rumah sakit dengan menggunakan kartu asuransi, termasuk layanan inap di kelas tertentu yang biasanya telah Anda tentukan pada saat memilih jenis asuransi yang akan gunakan.

3. Memperoleh Uang Pertanggungan

Bila sewaktu-waktu Anda meninggal dalam sebuah kejadian yang tidak diinginkan, maka Anda tentu saja tidak ingin meninggalkan keluarga dengan penuh duka dan utang serta keuangan yang berantakan bukan?

Terutama bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki sejumlah tanggungan, hal ini tentu akan sangat memberatkan mereka. Untuk itu Anda perlu memikirkan untuk memiliki asuransi, agar kondisi keuangan keluarga bisa terjamin setelah sepeninggal Anda.

Tidak seorangpun tahu apa yang akan terjadi esok hari, namun tidak ada salahnya Anda mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

4. Mempermudah Prosedur Pengobatan

Sebagaimana dari kita tahu bahwa hampir semua rumah sakit di Indonesia mendahulukan berbagai macam prosedur administrasi sebelum akhirnya melakukan penanganan terhadap pasien.

Bisa saja Anda sewaktu-waktu berada jauh dari rumah dan keluarga saat mendapatkan sebuah kecelakaan, maka akan sangat merepotkan dan membahayakan jiwa bila Anda sendiri harus memenuhi segala macam prosedur dan termasuk kamar rawat yang tidak tersedia saat itu.

Dalam hal ini asuransi akan sangat membantu dan mempermudah segala urusan Anda, di mana Anda dengan cepat bisa ditangani oleh staf medis dan mendapatkan pertolongan dengan segera.

Pilih dan Gunakan Produk Asuransi yang Terbaik

Dengan mencermati beberapa poin di atas, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan layanan asuransi. Pada umumnya ada 2 jenis asuransi yang digunakan secara pribadi, yakni: asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Asuransi akan membutuhkan proses pembayaran sejumlah premi yang cukup lama, yakni selama bertahu-tahun ke depan. Untuk itu, hitung dengan cermat sebelum Anda memilih menggunakan asuransi tertentu, hal ini penting agar keuangan Anda tidak terganggu selama periode pembayaran premi berlangsung. (Ahm/Nrm)