Sukses

Trik Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Salah berucap, bisa jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dapat pupus di depan mata.

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal gaji saat wawancara kerja memang kadang bisa menjadi langkah yang cukup memusingkan. Salah berucap, bisa jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dapat pupus di depan mata.

Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat melakukan negosiasi gaji dengan mulus saat wawancara kerja? Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dalam Business Insider, Jumat (5/2/2016):

Perhatikan dengan seksama

Sebelum membawa topik gaji dalam wawancara kerja, cobalah teliti dengan seksama apakah pewawancara Anda sudah tertarik dengan kepribadian yang Anda tunjukan selama wawancara berlangsung.

Apabila mereka kelihatannya masih ragu-ragu untuk menjadikan Anda sebagai pegawainya, tahan dulu niat Anda untuk melakukan negosiasi gaji saat wawancara masih berlangsung.

Pertimbangkan pengalaman

Jika Anda masih tergolong sebagai ‘Fresh Graduate’ dan baru dalam dunia kerja, Anda tidak harus mempertimbangkan banyak hal dalam negosiasi gaji.

Namun, jika Anda termasuk orang berpengalaman yang sudah menggeluti dunia tersebut dalam kurun waktu tertentu, Anda pasti sudah memiliki gambaran akan berapa sebaiknya gaji yang Anda dapatkan.

Ikuti kata hati

Banyak pegawai yang terlalu hati-hati apabila harus melakukan negosiasi gaji dalam pekerjaan. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengikuti kata hati Anda untuk menawar berapa gaji yang sebenarnya Anda inginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap ditanya balik

Siap apabila ditanya balik

Akan ada waktu saat wawancara kerja saat pewawancara malah justru menanyakan balik kepada Anda soal gaji yang diinginkan ataupun berapa besaran gaji yang Anda dapat dari perusahaan awal tempat Anda bekerja.

Jika hal ini terjadi, Anda harus sudah siap dengan jawaban Anda sendiri.

Siap bernegosiasi

Anda mungkin sudah memiliki besaran minimum di pikiran Anda mengenai berapa besaran gaji yang bisa Anda dapatkan. Ternyata hal ini tidaklah cukup.

Agar mampu untuk mendapatkan nominal ‘minimal’ tersebut, Anda pun harus memiliki sejumlah strategi negosiasi yang dapat dilakukan saat wawancara berlangsung.

Jangan terlalu fokus pada uang

Ya, masalah gaji memang menjadi hal yang penting. Namun lagi-lagi, pekerjaan bukan melulu soal uang dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan.

Cobalah untuk lebih fokus pada pekerjaan tersebut dan kesempatan apa yang dapat Anda dapatkan apabila Anda akhirnya menerima tawaran yang diberikan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini