Sukses

5 Jurus Kilat Dongkrak Karier yang Mandek

Liputan6.com, Jakarta Lelah melihat rekan kerja yang terus mendapat promosi, kenaikan gaji, dan karier melesat? Anda mungkin bukan satu-satunya yang merasakan perasaan ini.

Seringkali para pegawai sebuah perusahaan mendapati posisinya tak tak kunjung beranjak. Karier mentok adalah persoalan yang banyak ditemukan para pekerja dimana pun.

Tak jarang, banyak orang memilih berhenti kerja dan mengubah jalur karier yang dirintisnya. Meski keberhasilan belum tentu bisa dijamin.

Pilihan menjadi kutu loncat sebetulnya bisa Anda hindari. Upaya memperbaiki masa depan karier sebetulnya masih bisa diselamatkan jika Anda mengetahui caranya.

Pakar karier Adam Zargar memberikan tips untuk membantu memperbaiki masa depan karier dengan cara bersaing secara sehat dan menjadikan Anda anak emas dalam perusahan. Berikut beberapa tipsnya seperti dilansir laman careerealism, Minggu (17/1/2016).

1. Bangun jaringan

Karier akan cepat menanjak jika Anda bisa membangun jaringan di dalam dan luar perusahan. Semakin banyak orang yang Anda kenal, akan semakin besar pula peluang mempercepat karier.

Tunjukkan kepribadian dan kualitas di segala kesempatan, baik formal dan informal. Dengan demikian, Anda menciptakan peluang untuk diri sendiri.

2. Punya visi dan rencana yang jelas

Setiap orang harus punya peta jalan atau cetak biru dalam setiap karirnya. Seorang pilot tidak pernah menerbangkan pesawat sebelum mengetahui koordinat dan memiliki rencana ke mana dan bagaimana menuju tujuan.

Fokus dengan puncak karier yang ingin Anda tuju dan langkah-langkah apa yang harus dipenuhi agar bisa meraihnya.

Kerjakan rencana-rencana yang sudah disusun, dan seperti pilot yang kadang menggunakan autopilot, Anda juga harus membuat penyesuaian di tengah jalan agar tetap di jalur menuju puncak karier.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Terus belajar

Terus belajar dan perkaya khasanah pengetahuan Anda. Karier ibarat tangga berjalan yang kadang naik, kadang menurun. Karier tidak pernah berhenti pada satu titik. Terus membaca, belajar dan berkembang.

4. Bekerja keras secara cerdas

Melakukan segalanya dalam kendali Anda untuk menjadi yang terbaik dan melakukannya di setiap saat. Bekerja lebih cerdas dengan mendahulukan pekerjaan yang besar dan yang paling penting adalah konsentrasi. Tidak ada yang lebih baik selain bekerja keras secara cerdas.

5. Punya jiwa pemecah masalah

Bekerja tidak perlu harus sesuai dengan peran. Belajar hal lain di luar keahlian bisa menjadi nilai plus bagi Anda dan perusahaan. Dengan menjadikan diri Anda sangat dibutuhkan dan sumber daya yang mumpuni akan memperbesar status dan kredibilitas.

Jadilah orang yang selalu punya 3-5 solusi saat mengalami masalah. Sebelum berbagi masalah dengan teman atau bos, setidaknya Anda sudah punya solusi dalam pikiran. (Vna/Nrm)

Meme Saat Tanggal Tua Ini Bikin Ngakak!

Tutup Video