Sukses

3 Tips Keuangan Cerdas Bulan Desember

keinginan untuk berlibur yang besar pada bulan ini biasanya berefek negatif terhadap keuangan yang dimiliki

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa kita telah memasuki Bulan Desember. Bulan di penghujung tahun ini memang identik dengan bulan suka cita yang biasanya diisi dengan berlibur sembari menikmati momen pergantian tahun bersama keluarga.

Akan tetapi, keinginan untuk berlibur ini biasanya berefek negatif terhadap keuangan yang dimiliki. Nah untuk dapat menanggulangi hal tersebut, berikut beberapa tips cerdas mengelola keuangan bulan desember seperti yang dilansir dari laman menfitness.com, Jumat (4/12/2015):

1. Memilih saham yang tepat

(Foto: Antara)

Jika fluktuasi harga di pasar saham membuat jantung Anda berdegup kencang, jangan khawatir. Anda tetap bisa berinvestasi dengan memanfaatkan simpanan dengan nilai fluktuasi yang lebih rendah (ETF).

Saham ini memiliki kemampuan untuk mengalami gejolak fluktuasi lebih rendah dibanding dengan nilai saham pada umumnya.

2. Memanfaatkan mobil sebagai ATM

Beberapa keuntungan mungkin saja Anda dapatkan jika membeli mobil secara online (Foto: http://ihmoneysmarts.org/)

Apakah Anda memiliki mobil yang tidak terpakai di rumah? Kalau ya, kabar baik untuk Anda. Mobil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai mesin pencari uang. Dengan menggunakan aplikasi Roadie, mobil Anda dapat dimanfaatkan untuk mengirim barang. Dengan begini, Anda dapat berlibur sekaligus mendapat uang bukan?

3. Memotong pajak yang harus dibayar

Ilustrasi Pajak (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pastikan Anda sudah melunasi seluruh biaya tunggakan yang menunggu. Setelah itu, pastikan Anda juga telah melengkapi pembayaran asuransi atau investasi apapun yang mengharuskan Anda untuk membayar pajak.

Dengan memastikan hal ini Anda dapat lebih mudah mengatur keuangan dan mengalokasikan jumlah uang yang dimiliki dengan kebutuhan yang ada.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.