Sukses

Pengamat: Struktur Gaji Pejabat Negara di RI Amburadul

Pemilik gaji terbesar di Indonesia saat ini adalah Gubernur Bank Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio berpendapat ketimpangan atau kesenjangan gaji Presiden, Wakil Presiden (Wapres), dan Menteri dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) menandakan carut marutnya struktur penggajian pejabat di Indonesia.

"Memang struktur gaji pejabat kita tidak jelas, masa gaji Menteri lebih rendah dari Eselon I meskipun Menteri mendapat Dana Operasional Menteri (DOM). Tapi kan DOM tidak boleh untuk keperluan pribadi," kata Agus saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Untuk diketahui, pemilik gaji terbesar di Indonesia saat ini adalah Gubernur BI. Sejak ditetapkan oleh DPR RI tahun anggaran 2015, gaji gubernur BI sebesar Rp 194,19 juta per bulan.

Gaji tersebut, dua kali lipat di atas gaji resmi Presiden yang hanya mencapai Rp 62,74 juta per bulan. Sementara gaji Wapres sekitar Rp 42 juta dan Menteri Rp 19 juta per bulan atau setara dengan gaji Eselon I.

Agus menyarankan kepada Kementerian Keuangan agar menetapkan standar atau memperbaiki struktur gaji pejabat negara agar tidak menimbulkan konflik ke depan.

"Gaji PNS Kementerian Keuangan saja paling tinggi dibanding Kementerian lain. Jadi sebaiknya tetapkan standar supaya tidak menciptakan konflik," ucapnya.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini