Sukses

KSPI Keberatan Buruh Tak Dilibatkan untuk Penentuan Upah Minimum

Presiden KSPI Said Iqbal menilai, penerapan formula upah baru buruh menghilangkan peran serikat pekerja dalam dewan pengupahan.

Liputan6.com, Jakarta - Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan sejumlah serikat pekerja lain terus melancarkan penolakan terhadap formula baru pengupahan serta penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, buruh punya alasan terkait penolakan tersebut. Dia menjelaskan, dalam PP ini upah buruh telah diatur oleh pemerintah dengan menerapkan formulasi upah berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Dengan penerapan formulasi tersebut, praktis akan menghilangkan andil serikat pekerja dalam dewan pengupahan dalam menentukan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK)," ujar Said dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Dengan adanya PP ini, pemerintah dinilai telah merampas hak serikat pekerja untuk terlibat dalam menentukan kenaikan upah minimum. Padahal, keterlibatan serikat pekerja dalam menentukan kenaikan upah merupakan sesuatu yang sangat prinsip.

"Untuk diketahui, dengan diberlakukannya PP ini maka upah buruh akan naik paling tinggi hanya sebesar 10 persen dan akan berlaku selama puluhan tahun ke depan yang berdampak pada pemiskinan secara sistemik," kata dia.

Karena, lanjut Said, saat akan dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun ini, upah buruh Indonesia masih jauh di bawah negara lain sesama anggota ASEAN seperti Thailand, Filipina, Malaysia dan Singapura.

"Belum lagi, kesenjangan ekonomi akan semakin terbuka lebar dengan politik upah murah yang akan diberlakukan lagi mulai 2016," tandas Said. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini