Sukses

Gelar Munas Pekan Depan, Kadin Bakal Pilih Pimpinan Baru

Persiapan munas yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat itu, sudah mencapai 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada Senin, 19 Oktober 2015. Pada Munas ini, Kadin akan memilih ketua baru di mana sejumlah nama pengusaha maupun dari ketua asosiasi mencalonkan diri. Rencana Munas ini sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Dewan Pembina Kadin Indonesia, Oesman Sapta Oedang mengatakan, dalam pertemuan dengan Presiden yang dilakukan pada Kamis (15/10/2015) lalu, presiden meminta pelaksanaan Munas sesuai jadwal.

Dalam pertemuan tersebut, Oesman ditemani oleh Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Sutrisno Bachir. “Presiden juga meminta Munas bisa merangkul semua pihak dari kelangan pengusaha. Beliau sudah merestui Munas ini,” ungkap Oesman, Sabtu (17/10/2015).

Persiapan munas yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat itu, sudah mencapai 90 persen. Tak kurang dari 1.000 undangan telah disebar. Sebagian besar pengurus Kadin Daerah juga sudah hadir di Jakarta.

“Kami berharap, mereka menjadi peserta yang mampu mewarnai munas yang akan mengusung paradigma baru dalam kepengurusan mendatang," jelas dia.

Munas ini untuk mencari dan menetapkan pengganti Ketua Kadin non aktif Rizal Ramli. Sesuai aturan Kadin Indonesia, ketua dilarang merangkap jabatan.

Sementara pada awal tahun lalu, pemerintah memilih Rizal sebagai Komisaris Utama PT Bank BNI Tbk. Namun jabatan yang baru disandangnya tersebut harus dilepas Rizal setelah presiden menunjuk dirinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. 

Pada pagelaran munas, awal pekan depan, sejumlah nama tampil sebagai kandidat Ketua Kadin periode 2015-2020. Nama Pelaksana Tugas Ketua Kadin, Zainal Bintang, pun menyatakan dirinya akan bertarung untuk ketua definitif Kadin.

Sejumlah pengusaha seperti Maxi Gunawan yang dikenal sebagai politikus sekaligus pengusaha juga bakal ikut berlaga. Tak ketinggalan, Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), Ismanu Soemiran, juga tampil sebagai kandidat.

Sejumlah dukungan dari kalangan asosiasi pengusaha anggota Kadin Indonesia, sudah menyatakan dukungannya kepada Ismanu. (Nrm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.