Sukses

5 Profesi Ini Harus Anda Coba Sebelum Jadi Pengusaha

Liputan6.com, New York - Tidak ada salahnya mencoba peruntungan sebagai seorang wirausahawan. Bahkan, banyak diantara pengusaha sukses dunia yang sudah memulai membangun usahanya sejak usia muda.

Akan tetapi, memilih jalan sebagai pengusaha sebagai langkah awal karir bukanlah hal yang mudah. Dunia wirausaha penuh dengan tantangan yang begitu besar dibandingkan dengan jalur karir yang biasa.

Memiliki pekerjaan di bidang tertentu sebelum memulai membangun bisnis sendiri dapat memberikan banyak keuntungan. Selain dapat membantu Anda memperluas jaringan, memiliki pengalaman kerja sebelumnya juga dapat membuat Anda memiliki keterampilan-keterampilan tertentu yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk karir wirausaha yang akan Anda jalani.

Apa saja pekerjaan yang sebaiknya Anda coba sebelum jadi pengusaha? Seperti yang dilansir dari laman Entrepreneur.com, Kamis (16/9/2015), berikut daftar pekerjaan yang sebaiknya Anda ambil sebelum memulai merintis usaha sendiri:

1. Ritel

Bekerja di ritel akan memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan kemampuan untuk mengenal konsumen lebih jauh. Anda akan dihadapkan dengan berbagai jenis konsumen yang keinginannya belum Anda ketahui sebelumnya.

Setelah berkomunikasi dengan mereka, Anda pun akan mengerti akan apa yang mereka inginkan dan Anda pun dapat mencocokkan kebutuhan dengan produk yang sesuai.

Setelah beberapa bulan, Anda pun mampu melihat kepribadian masing-masing orang dan menggolongkan mereka berdasarkan kebutuhan yang mereka inginkan.

Sebagai tambahan, Anda mungkin berkesempatan untuk bertemu dengan konsumen yang tidak puas pada layanan yang diberikan. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda nantinya untuk dapat mengarahkan kritik yang disampaikan menjadi sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan.

2. Makanan

Industri makanan atau yang lebih dikenal dengan F&B atau food and beverages memang bukan industri yang glamor. Namun di tempat ini Anda ternyata akan mendapatkan keterampilan yang sangat berguna di dunia wirausaha nantinya.

Bekerja di dunia makanan akan menuntut Anda untuk bekerja dengan cepat, dengan begitu banyak pekerjaan dan di bawah deadline yang begitu singkat. Hal ini akan menjadikan Anda seorang yang tangguh dan siap masuk ke dalam dunia wirausaha.

2 dari 2 halaman

Penjualan

3. Penjualan

Bekerja di dunia sales atau penjualan akan menginspirasi banyak orang untuk akhirnya memilih karir sebagai seorang wirausahawan. Dalam dunia penjualan, Anda akan belajar untuk untuk membangun hubungan komunikasi yang baik ketika Anda mencoba untuk berbicara dengan banyak orang dari berbagai golongan.

Anda juga akan belajar teknik persuasi yang baik agar klien setuju dengan apa yang Anda tawarkan.

Lebih lanjut, Anda pun akan bekerja di bawah target yang akan membuat Anda terbiasa untuk bekerja lebih keras agar mampu mencapai target yang diinginkan. Keterampilan ini sangat berguna di dunia wirausaha nantinya.

4. Customer service

Dunia costumer service akan memaksa Anda untuk mampu menangani konsumen di lingkungan yang senantiasa berubah. Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam konsumen dengan tuntutan macam-macam. Pengalaman tersebut akan sangat membantu Anda untuk dapat bertahan di lingkungan yang kompetitif.

Memang tidak mudah untuk tetap menahan diri ditengah keadaan konsumen yang menuntut begitu banyak hal, tapi nantinya hal tersebut akan sangat berguna untuk menangani tantangan dari konsumen yang akan Anda hadapi.

5. Manajemen

Bekerja di dunia manajerial akan sangat membantu Anda sebelum memasuki dunia wirausaha. Disini Anda akan belajar untuk bekerja dalam tim, mengatur waktu yang Anda miliki, dan mengalokasikan sumberdaya yang ada.

Posisi di bagian manajemen akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan begitu banyak keterampilan untuk membuka usaha baru. (Vna/Ndw)

Loading