Sukses

Ini 4 Proyek Besar yang Digarap Pertagas

Pertagas berperan aktif dalam penyediaan infrastruktur pendukung energi gas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Gas (Pertagas) berperan aktif dalam penyediaan infrastruktur pendukung energi gas. Saat ini anak usaha PT Pertamina (Persero) tengah menyelesaikan beberapa proyek besar pembangunan jaringan pipa gas.

President Director PT Pertamina Gas Hendra Jaya mengatakan, saat ini Pertagas sedang menggarap empat ruas proyek besar yakni Ruas Belawan - Kawasan Industri Medan (KIM)-Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sumatera Utara sepanjang 138 kilometer (km), Ruas Muara Karang (MK)-Muara Tawar(MT) di DKI Jakarta dan Kabupaten Bekasi sekitar 30 km.

Ruas Gresik-Semarang yang membentang dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah sepanjang 267 km, serta Porong-Grati yang terletak di Kabupaten Sidoarjo dan Pasuruan, Jawa Timur sepanjang 57 km.

“Tahun ini kami sedang membangun 4 ruas jaringan pipa transmisi gas,” kata Hendra Jaya, di Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Menurut Hendra, keempat ruas pipa yang tengah dibangun ini akan berkontribusi bagi penambahanan jaringan pipa gas eksisting yang saat ini dimiliki Pertagas sepanjang hampir 2.000 km yang tersebar di berbagai wilayah.

“Ke depan, kami berencana mengembangkan tambahan pipa sekitar 1.800 km untuk mendukung infrastruktur gas di Tanah Air,” jelas Hendra.

Hendra mengakui jika infrastruktur selama ini menjadi tantangan utama dalam pemanfaatan gas untuk memenuhi kebutuhan gas domestik. Untuk itu, menurutnya salah satu solusinya yakni penggunaan infrastruktur eksisting didorong harus lebih efisien.

“Selain itu pembangunan infrastruktur gas open access pun harus lebih luas,” pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.