Sukses

Menteri ESDM Kukuh Program Listrik 35 Ribu MW Tak Dipangkas

Menteri ESDM menilai program kelistrikan 35 ribu MW terus menunjukkan kemajuan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kukuh program kelistrikan 35 ribu Mega Watt (MW) tetap berjalan tanpa harus ada pemangkasan kapasitas.

Sebab dia menilai program kelistrikan 35 ribu MW terus menunjukkan kemajuan. Tahun ini saja sudah disepakati perjanjian jual beli listrik (Power Purchase Agreement /PPA) dengan PT PLN (Persero) untuk pembangkit listrik 10 ribu MW.

"Untuk 35 ribu tahun ini targetnya tercapai 10 ribu MW, PPA dengan PLN," kata dia di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Dari target 35 ribu MW, 20 persen diperkirakan memulai konstruksinya tahun ini. Sudirman pun optimis dalam lima tahun ke depan, pembangunan pembangkit listrik berkapasitas total 35 ribu MW dapat terwujud. 

"Sudah mulai konstruksi secara persiapan. Kita optimis, dari 35 ribu MW konstruksi 20 persen," jelas dia.

Sudirman mengakui untuk menjalankan proyek tersebut masih menghadapi kendala, diantaranya perizinan dan pembebasan lahan. Namun target tersebut tidak perlu dievaluasi.

"Kita optimis, karena besar hati-hati, kita evaluasi terus, bukan diturunkan. 35 ribu bukan angka begitu saja kita melakukan kajian berdasarkan kebutuhan 5 tahun kedepan," pungkas Sudirman. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.