Sukses

Mi Instan Jadi Produk Paling Digemari Masyarakat RI

Indomie dan Mie Sedaap adalah dua merek teratas yang paling sering dipilih oleh konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk membeli berbagai macam kebutuhan pokok di akhir bulan atau di awal bulan seusai menerima gaji. Bahan makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama merupakan salah satu yang masuk dalam daftar belanja bulanan.

WorldPanel Indonesia (KWP), sebuah perusahaan riset pasar terkemuka dunia, meluncurkan hasil pemeringkatan merek-merek di industri fast moving consumer goods (FMCG) yang ada di Indonesia melalui Brand Footprint 2015. Riset ini sekaligus menunjukkan pola perilaku konsumen Indonesia dalam membeli berbagai produk FMCG.

Dari hasil riset di 2015 ini, tercatat ada lima merek teratas yang paling sering dibeli oleh rumah tangga (konsumen). Mereka antara lain Indomie, Mie Sedaap, Royco, So Klin dan Frisian Flag.

"Banyaknya jumlah rumah tangga yang membeli suatu merek atau tingginya tingkat penetrasi merupakan faktor pendukung untuk 5 merek teratas, yaitu Indomie, Mie Sedaap, Royco, So Klin dan Frisian Flag. Lebih dari 90 persen populasi rumah tangga di Indonesia, membeli kelima merek ini," kata Fabrice Carrasco, Managing Director KWP dalam keterangannya, Minggu (7/6/2015).

Perkembangan suatu merek mengikuti satu faktor penting yang sederhana, yaitu jumlah pembeli. Selain itu menurutnya, pertumbuhnya frekuensi akan mengikuti pertumbuhan dari penetrasi.

Dibandingkan dengan tahun lalu, sebanyak 239 merek atau 53 persen dari merek yang terdaftar di Brand Footprint mengalami kenaikan CRP atau dengan kata lain merek-merek tersebut lebih sering dipilih oleh para konsumen. Dari total 239 merek tersebut, 195 merek mengalami kenaikan jumlah pembeli.

"Salah satu kunci keberhasilan suatu produk adalah dengan membuat produk anda  lebih dapat dijangkau oleh para pembeli. Hal ini menegaskan bahwa penetrasi adalah faktor penting yang mendukung pertumbuhan suatu merek," tegasnya.

Tak mengherankan, untuk spesifik daerah Indonesia Urban, Indomie dan Mie Sedaap adalah dua merek teratas yang paling sering dipilih oleh konsumen. Mi instan memang merupakan kategori yang memiliki jumlah pembeli yang sangat besar atau hampir semua rumah tangga di Indonesia dan dibeli paling sering oleh konsumen di Indonesia yaitu hampir dua kali dalam seminggu.

Selain menawarkan kemudahan untuk mengkonsumsinya, jangkauan distribusi kedua merek teratas ini sangat luas, promosi dan inovasi yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari iklan hingga variasi rasa yang beragam.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Indomie berhasil menambah jumlah pembeli namun berkurang dari sisi jumlah perjalanan belanja. Penambahan jumlah pembeli tersebut menjadi faktor yang mengamankan Indomie di peringkat teratas tahun ini.

"Dua dari sepuluh merek teratas juga datang dari kategori penyedap masakan seperti Masako dan Royco. Kepraktisan yang ditawarkan bagi rumah tangga di dalam hal memasak, menjadikan kedua merek ini menjadi merek yang sering dipilih," sambungnya.

Selain itu, produk Frisian Flag mampu berada di dalam  lima merek teratas. Ini dikarenakan merek tersebut bermain di banyak kategori yakni susu formula bayi, susu kental manis, susu cair, dan susu bubuk keluarga sehingga mampu menarik banyak konsumen dan berakibat pada tingginya skor CRP‎. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.