Sukses

Beli Barang Ini Bikin Anda Susah Kaya

Banyak orang bertindak boros untuk membeli barang-barang berharga cukup tinggi yang justru membuatnya semakin sulit kaya

Liputan6.com, New York - Setiap uang yang Anda keluarkan pasti selalu berkaitan dengan gaya hidup, kebiasaan dan kesukaan pribadi. Bahkan seringkali Anda menghabiskan uang untuk membeli barang yang tak dibutuhkan hanya karena menyukainya.

Tapi ternyata, banyak orang bertindak boros untuk membeli barang-barang berharga cukup tinggi yang justru membuatnya semakin sulit kaya. Hati-hati, banyak konsumsi sehari-hari yang juga dapat memicu tindakan boros.

Yang terpenting dalam menggunakan uang adalah bagaimana Anda mendapatkan yang diinginkan tapi tetap memperhatikan anggaran pribadi. Jangan takut mencoba berhemat, berikut enam barang mahal yang bikin boros tapi selalu Anda beli seperti dilansir dari laman Lifehack.org, Sabtu (1/5/2015):

1. Air minum kemasan

Air merupakan salah satu keperluan sehari-hari yang sangat penting. Tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang membeli air mineral kemasan botol.

Bahkan beberapa air mineral yang penyaringannya kurang baik dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Tak hanya baik bagi kesehatan, memasak dan membawa air minum sendiri jauh lebih hemat dibandingkan membeli air kemasan.

2. TV berlangganan

Kini hampir setiap acara yang ditayangkan televisi dapat Anda tonton kembali melalui internet. Tak hanya itu, bahkan Anda dapat menonton tayangan langsung dari internet.

Tentu saja, jasa internet jauh lebih murah dibandingkan berlangganan TV berbayar. TV berlangganan tanpa terasa dapat membuat Anda boros karena banyak tayangan yang sebenarnya tidak Anda tonton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Cartridge printer

Bagi para pemilik printer, seringkali Anda gagal memasang tinta mesin pencetak hingga akhirnya harus membeli cartridge baru. Kegagalan memasang juga dapat membuat mesin tak berfungsi baik dan Anda kehilangan setengah dari tinta yang Anda.

Dibandingkan mengganti cartridge setiap kali tinta habis, lebih baik Anda membeli mesin printer yang lebih canggih. Itu dapat membuat pengeluaran menjadi lebih irit.

4. Buku

Ini memang terdengar kontroversial mengingat membaca buku tampak harus sambil memegangnya. Padahal inti dari buku adalah tulisan yang menyediakan nilai moral dan merepresentasikan hasil pikir si penulis.

Artinya, Anda harus memilih buku yang tepat setiap akan membeli. Lagipula, jika ingin lebih hemat, Anda masih bisa mengaksesnya melalui internet, karena banyak e-book yang bisa diperoleh.

5. Barang bermerek

Banyak orang membeli barang bermerek dan berusaha meningkatkan gaya hidupnya padahal pendapatannya tak memadai. Tak ada yang salah dengan menampilkan gaya hidup terbaik, tapi sayangnya menjadi korban merek ternama justru dapat membuat Anda semakin boros dan rentan kehabisan uang.

Bahkan membeli barang mahal dapat menyebabkan tekanan lebih besar dibandingkan kepuasan pribadi. Ingat, perbandingan harga barang bermerek dan biasa terlampau sangat tinggi.

6. Barang baru

Membeli telepon seluler baru atau banyak barang baru seringkali menjadi pengeluaran di luar rencana. Memiliki barang baru dapat menjadi hal yang menyenangkan, tapi melakukannya berkali-kali dapat menjadi hal yang mengerikan.

Selain pengeluaran menjadi semakin boros, Anda rentan ketagihan membeli barang baru tanpa memperhatikan pendapatan yang diperoleh setiap bulan. Ingat, jika barang yang lama masih berfungsi sebaiknya tak perlu menggantinya dengan yang baru. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini