Sukses

F-16 Terbakar, Penerbangan Komersial di Halim Sempat Lumpuh

"Penerbangan Citilink dari Halim ke Malang baru saja terbang hanya delay 30 menit‎," kata Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan komersial di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta sempat lumpuh selama 30 menit, paska terbakarnya pesawat jet F-16 milik TNI AU pada Kamis (16/4/2015) pukul 08.20 WIB karena gagal take off.

Citilink, salah satu maskapai komersial yang menggunakan Lanud Halim sempat mengalami delay atau penundaan penerbangan. Rute penerbangan yang mengalami penundaan adalah Jakarta Malang.

Pesawat milik maskapai anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia tersebut seharusnya terbang pada pukul 08.30 WIB namun karena ada kejadian tersebut sempat tertunda sehingga baru bisa berangkat pukul 09.00.

"Penerbangan Citilink dari Halim ke Malang baru saja terbang hanya delay 30 menit‎," kata Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Benny melanjutkan, pihak Citilink tidak bisa berbuat banyak terkait delay tersebut. Selain itu, dirinya juga tidak bisa memberikan banyak informasi terkait kejadian di lokasi dan menyerahkan semua kepada pihak TNI AU. Hal itu dikarenakan bandara tersebut merupakan milik TNI AU.

"Informasi sudah sepenuhnya berada dalam wewenang Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, yang jelas ‎saat ini penerbangan dari Halim sudah kembali normal‎," tegas Benny.

‎Jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma. Pesawat terbakar saat akan melakukan lepas landas di runway 6 Lanud Halim.

Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, pesawat dijadwalkan lepas landas pada pukul 08.20 WIB. Saat berada di ujung landasan, pesawat tiba-tiba saja terbakar.

"Pesawat sedang persiapan take off, lalu setelah sampai di ujung landasan, pesawat tiba-tiba meledak dan terbakar," kata Hadi saat dihubungi Liputan6.com.

Hadi mengatakan, akibat insiden itu, pesawat mengalami kerusakan parah. F-16 dengan tail number TS-1643 yang diterbangkan Letkol Pnb Firman mengalami roda kiri copot dan seluruh bagian mesin terbakar.‎ (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini