Sukses

Jas Perdana Menteri India Laku Terjual Rp 8,8 Miliar

Jas tersebut dipakai Perdana Menteri India Narendra Modi saat kunjungan Presiden AS Barack Obama.

Liputan6.com, New Delhi - Seorang pedagang berlian asal India setuju membayar sekitar 43,1 m rupee atau sekitar US$ 690 ribu untuk jas yang dikenakan Perdana Menteri India Narendra Modi. Bila ditukar ke rupiah, harga jas itu mencapai Rp 8,84 miliar dengan asumsi kurs Rp 12.824 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pemenang penawaran, Hitesh Patel menuturkan, pihaknya akan tetap menjaga jas itu di pabriknya, dan akan menjadi sumber inspirasi.Demikian mengutip laman BBC, Minggu (22/2/2015).

Sebelumnya kritik menyerang Modi ketika terungkap jas itu dihiasi dengan pinstripes untuk mengeja namanya. Jas tersebut pun dilelang bersama dengan ratusan hadiah yang diterimanya. Uang itu akan digunakan untuk memberikan sungai Gangga.

Patel mengatakan, dia memenangkan tawaran atas nama ayahnya Lavji, seorang pemilik perusahaan berlian Dharmanandan. Perusahaan ini memiliki omzet sekitar US$ 900 juta.

Sebelumnya tawaran sekitar 50 m rupee ditolak setelah nyaris hilang batas waktu penawaran untuk waktu setempat. Lelang berakhir pada Jumat pekan lalu setelah tiga hari penawaran.

Modi mengenakan stelan jas itu selama kunjungan Presiden AS Barack Obama ke India pada Januari 2015.

Patel dikenal dekat dengan Modi, dan juga teman pengusaha Ramesh Kumar Virani. Pihaknya mengklaim telah menyerahkan stelan jas kepada Perdana Menteri Modi. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India