Sukses

Menteri Susi Minta Hasil Audit Lembaga Negara Dibuka ke Publik

Menteri KP Susi Pudjiastuti meminta hasil audit yang dilakukan Irjen pada masing-masing kementerian agar bisa terbuka ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta agar hasil audit yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) pada masing-masing kementerian dan lembaga pemerintah agar bisa terbuka untuk publik.

Susi mengeluhkan, selama ini hasil audit yang dilakukan oleh Irjen tidak bisa diakses secara terbuka sehingga masyarakat tidak bisa ikut melakukan pengawasan.

"Yang saya tahu Irjen tuh pengawas, internal auditor. Yang Saya lihat hasil dari internal audit jarang di-publish," ujar Susi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2014).

Dia juga merasa heran jika hasil audit tersebut bersifat tertutup. Sebab jika hanya bisa diakses oleh internal kementerian dan lembaga masing-masing, audit yang dilakukan tidak banyak memberikan manfaat untuk dilakukan perbaikan ke depannya.

"Oh tidak boleh (dibuka), why? Kalau tidak di-publish itu kan menutup counter information. Jadi siapa yang counter internal audit. I think the information untuk input feedback dari masyarakat akan sangat bagus. Saya pikir seperti itu," lanjutnya.

Selain itu, dengan dibukanya hasil audit kepada masyarakat, maka harapan agar instansi pemerintah bisa lebih transparan akan lebih mudah terwujud.

"Saya lebih percaya in the end of the day public is user also auditor. Jadi output dari Irjen itu it should be publish. Untuk mendapatkan comment dan feedback dari masyarakat. Its another step up dari transparansi. Kalau pekerjaan irjen pun di publish juga," kata dia.

Susi Pudjiastuti juga meminta agar peran Irjen dalam suatu instansi pemerintah juga harus bersifat menyeluruh dan mencakup lintas direktorat. Dengan demikian tingkat independesi dari audit yang dilakukan akan semakin tinggi.

"Inspektorat juga semestinya bisa bekerja lintas direktorat. Ini jadi independesinya kurang. Kerena mereka nggak bisa lintas sektoral. Kalau internal audit bisa lintas sektoral, itu independensinya makin tinggi," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.