Sukses

Ini Wejangan Bos Kadin Buat Menperin Saleh Husin

Liputan6.com, Jakarta - Saleh Husin telah resmi menjadi Menteri Perindustrian (Menperin) dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setumpuk masalah perindustrian akan harus diselesaikan oleh Saleh dalam lima tahun ke depan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, program-program yang telah disusun oleh Menperin sebelumnya, MS Hidayat, sudah sangat baik sehingga Saleh dinilai cukup melanjutkan program-program tersebut.

"Saya kira beliau akan meneruskan program yang sudah baik, ada rencana strategis ada rencana jangka menengah-jangka panjang. Saya kira tinggal melanjutkan tentu beliau barang kali ada hal-hal khusus. Bagi Kadin akan tetap selalu sebagai mitra dari pada Kemenperin, Kemendag, kita akan tetap membina kerjasama yang baik," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa (28/10/2014).

Menurut dia, tantangan bagi Kemenperin ke depan yaitu mempercepat pertumbuhan industri, terutama menyangkut masalah hilirisasi serta masalah yang menyangkut industri sebagai substitusi impor.

"Juga industri yang selama ini dominan seperti otomotif dan elektronik, sehingga kita bisa meningkatkan ekspor kita dari industri-industri ini. Jadi nanti Kadin dengan Kemenperin dan Kemendag ini semua akan menjadi agenda utama kita, bagaimana kita segera mengupayakan agar tidak ada lagi defisit neraca perdagangan," lanjutnya.

Meski demikian, Suryo menyatakan, kalangan pengusaha akan tetap mendukung penuh upaya-upaya yang akan dilakukan Kemenperin dan Kemendag karena kedua instansi ini harus dapat bekerja secara sinergis dalam menghadapi pasar ASEAN

"Saya kira beliau menyadari bahwa harus dekat bekerjasama dgn dunia usaha dan ternyata beliau juga sudah mempunyai banyak hubungan dengan dunia usaha jadi saya yakin tidak akan ada masalah," tandasnya. (Dny/Ndw)