Sukses

Punya Pemimpin Baru, Ini Harapan Pegawai Kementerian Perdagangan

Rachmat Gobel merupakan sosok yang sudah berpengalaman dalam sektor perdagangan dan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu, para pegawai Kementerian Perdagangan akan mendapat bos baru yang mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda dengan sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Bachrul Chairi mengatakan, dirinya menyambut baik penunjukan Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan tersebut.

"Alhamdulillah, Kamimenyambut baik karena beliau industrialis yang sudah paham dengan konteks produksi dan konteks pasar sekaligus karena produk Panasonic sudah berada banyak di seluruh dunia dan memang diproduksi juga di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Menurutnya, Rachmat juga merupakan sosok yang sudah berpengalaman dalam sektor perdagangan dan industri, sehingga diharapkan jiwa wirausahawan dari pria kelahiran 3 September 1962 ini bisa membantu menentukan arah kebijakan perdagangan Indonesia.

"Jadi memang sisi baiknya, produksi maupun pemasaran beliau sudah sangat paham sehingga mudah dapat memberikan kita arahan-arahan dengan sentuhan enterpreneurship yang beliau miliki," lanjut dia.

Ke depan, Bachrul berharap dengan jam terbang yang dimiliki oleh Rachmat Gobel pada sektor industri ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintahan Jokowi di atas 7 persen per tahun.

"Kalau itu yang ingin kita capai maka ada beberapa langkah-langkah yang kami lakukan seperti pertumbuhan industri harus sekitar 9 persen. Sebab kalau tidak dicapai maka kita antisipasi bahwa tidak semua produksi itu bisa ditampung di dalam negeri sehingga pasar ekspor menjadi hal yg penting buat kita," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.