Sukses

Baru Dilantik, Ada Oknum Minta Sumbangan Pakai Nama Menteri ESDM

Sudirman Said merupakan Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Sudirman Said baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) siang tadi. Namun ternyata, sudah ada oknum yang mengatasnamakan dirinya untuk meminta sumbangan.

"Ada oknum-oknum yang menelpon atas nama menteri minta sumbangan," tutur seorang pegawai Kementerian ESDM yang tak mau disebutkan identitasnya.

Ceritanya, ada telepon masuk ke Sekretariat Menteri ESDM. Si penelepon tersebut mengaku sebagai rekan kerja dari Sudirman Said. Dalam pembicaraan, si penelepon meminta sejumlah dana kepada Kementerian ESDM. Saat meminta, oknum tersebut mengaku diperintah oleh Sudirman Said.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi di unit lain, maka pihak Kementerian ESDM sudah mengirimi surat ke unit-unit yang ada. "Kami tidak tahu itu oknum-oknum dari mana. Jadi kami mengirim surat ke unit-unit untuk antisipasi kejadian sama di unit lain," jelasnya.

Untuk diketahui, sebelum menduduki jabatan Menteri ESDM, Sudirman Said pernah menduduki beberapa jabatan, Beliau diangkat menjadi  Direktur Utama PT Pindad pada 4 Juni 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Petrosea Tbk.

Pria ini juga pernah menjabat sebagai Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk.
Sudirman Said juga merupakan Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013.

Pada tahun 2005, beliau terlibat dalam Rekonstruksi Pasca Tsunami untuk Aceh dan Nias selama tiga (3) tahun, sebagai Deputi Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.