Sukses

Cadangan Devisa RI Stabil di US$ 111,2 Miliar pada September

Pembayaran utang luar negeri dan intervensi valuta asing bikin cadangan devisa stabil di US$ 111,2 miliar pada akhir September 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa stabil di kisaran US$ 111,2 miliar pada akhir September 2014. Angka ini relatif stabil dari posisi akhir bulan sebelumnya.

Menurut Direktur Eksekutif BI, Tirta Segara, perkembangan tersebut dipengaruhi oleh kenaikan kebutuhan devisa antara lain pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan intervensi valuta asing dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Di sisi lain, penerimaan devisa juga meningkat terutama berasal dari penerbitan sukuk global dan hasil ekspor migas Pemerintah serta kenaikan simpanan deposito valuta asing bank-bank di Bank Indonesia," kata Tirta, seperti dikutip dari situs Bank Indonesia (BI), Senin (6/10/2014).

Selain itu, posisi cadangan devisa per akhir September itu dapat membiayai 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor. Lalu pembayaran utang luar negeri Pemerintha, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Kami menilai perkembangan cadangan devisa itu positif terhadap upaya memperkuat ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," kata Tirta. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini