Sukses

Ahmad Erani Yustika: Ekonomi yang Istimewa & Meleset di Masa SBY

Dalam masa kepemimpinan SBY, pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, defisit fiskal dan beberapa hal lain dicapai dengan lumayan bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam 10 tahun masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ada banyak prestasi di bidang ekonomi yang patut diacungi jempol.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Erani Yustika menyatakan, dalam masa kepemimpinan SBY, pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, defisit fiskal dan beberapa hal lain dicapai dengan lumayan bagus.

"Di saat pertumbuhan ekonomi global dalam situasi yang paling buruk karena subprime mortgage, pertumbuhan Indonesia masih sekitar 4,6 persen pada tahun 2009," jelasnya seperti ditulis pada Senin (25/8/2014).

Namun memang, Menurut Ahmad Erani, ada beberapa hal dari pencapaian tersebut yang patut digarisbawahi.

Dalam fiskal terdapat beberapa masalah seperti defisit fiskal yang sejak tahun 2012 Indonesia mengalami defisit keseimbangan primer.

Selain itu, neraca perdagangan Indonesia yang mengalami defisit. Dimana sejak tahun 2012, untuk pertama kalinya Indonesia defisit. Padahal selama puluhan tahun sebelumnya, Indonesia tidak pernah mengalami hal tersebut.

"Ini yang menurut saya beberapa pekerjaan rumah yang pantas untuk di prioritaskan," jelasnya.

Berikut video wawancara liputan6.com dengan Ahmad Erani Yustika mengenai hal-hal yang patut diapresiasi dan digarisbawahi selama kepemimpinan SBY:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.