Sukses

Jembatan Comal Ambles Lagi, Ini Kata Menteri PU

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengatakan, pihaknya akan segera mempermanenkan sisi sebelah kanan jembatan Comal.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar amblesnya kembali jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah membuat Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto agak tersentak. Hal itu mengingat jembatan ini baru saja diperbaiki usai rusak pada pertengahan puasa.

"Di running text, saya melihat katanya ada penurunan (jembatan). Mudah-mudahan itu bukan penurunan konstruktif," ungkap dia usai membuka Konferensi Dunia Earoph di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (11/8/2014).

Saat ini, kata Djoko, Direktorat Jenderal Bina Marga dan Balitbang Kementerian PU tengah mengecek kondisi langsung jembatan Comal.

"Penurunannya bisa saja karena kemarin memadatkannya belum cukup sehingga harus lebih padat lagi. Tapi saya berharap mudah-mudahan penurunan bukan karena adanya geseran. Saya juga belum tahu pasti," papar dia.

Kata Djoko, sejauh ini jembatan Comal masih dapat dilalui kendaraan berbobot ringan. Dan tidak diperkenankan dilewati kendaraan dengan beban berat.

"Kami akan segera mempermanenkan sisi sebelah kanan jembatan dulu. Awal Oktober ini diperkirakan selesai. Anggarannya belum tahu berapa," ujar Djoko. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini