Sukses

Kereta Api dan Pesawat Jadi Favorit Pemudik

PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang mengusahakan penambahan dua rangkaian gerbong kereta api dari INKA.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengungkapkan untuk angkutan mudik lebaran, kereta api dan pesawat terbang menjadi idola untuk para pemudik. Hal tersebut dilihat dari larisnya penjualan tiket kedua moda transportasi tersebut.

"Yang perlu saya sampaikan, evaluasi terakhir ternyata animo masyarakat atau keinginan masyarakat terhadap kereta api dan pesawat sangat tinggi," kata dia, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Alasan para pemudik memilih kereta api sebagai angkutan lebaran karena moda transportasi tersebut dianggap aman, nyaman dan tepat waktu. Maka tak heran walaupun sudah diberi tambahan kuota, tiket kereta api langsung habis terjual.

Begitu pula dengan angkutan udara atau penerbangan. Ia mengatakan meskipun pihak maskapai telah menambah kapasitas tempat duduk, kini tiket tersebut stoknya sangat menipis.

"Laporan dari airlines tinggal sudah 85 seat habis, tinggal 15 persen yang sisa terjual untuk H-7 sampai H-1," lanjut dia.

Oleh karena itu, pihaknya memerintahkan kepada para maskapai penerbangan untuk menambah extra penerbangan supaya para pemudik bisa terangkut.

Sementara untuk kereta api, pihak Kemenhub dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang mengusahakan penambahan dua rangkaian gerbong kereta api dari INKA.

"KAI dan Perhubungan terus bekerja sama. Kita dan KAI terus berusaha untuk dua rangkaian itu diambil dan masih baru," pungkas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini