Sukses

Anggaran Dinas PNS Dipotong Bikin Pemakai Pesawat April Susut

Khusus pada April, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang diberangkatkan mencapai 4,4 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Selama Januari-April 2014 jumlah penumpang angkutan udara tujuan domestik mencapai 17,9 juta orang atau naik 0,83%.

Sementara jumlah penumpang internasional mencapai 4,4 juta orang atau naik 8,02% dibanding periode yang sama tahun 2013.

Khusus pada April, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang diberangkatkan mencapai 4,4 juta orang atau turun 4,61% dibandingkan Maret 2014.

Demikian pula jumlah penumpang tujuan luar negeri (internasional) turun 11,67% menjadi 1 juta orang.

Kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, penurunan terjadi di semua moda transportasi tak hanya udara tapi kapal laut dan darat.

"Mungkin karena ada pemotongan anggaran perjalanan dinas. Tapi kalau wisman turun kan dampaknya gak bagus," jelas dia di Jakarta, Senin (2/6/2014).

Dia mengaku, penurunan jumlah penumpang terjadi di semua bandara di Indonesia. Seperti Bandara Soekarno Hatta-Cengkareng, Hasanudin-Makassar, Kualanamu-Medan dan Ngurah Rai di Bali.

Suryamin pun berharap pariwisata dan angkutan udara bisa ditingkatkan untuk bisa menambah devisa negara. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini